Kamis, 27 November 2014

Resep Pepes Ikan Mas by DapurLia

Udah beberapa minggu ini mengurangi makanan-makanan yang di goreng-goreng dan berminyak-minyak. Akhirnya keabisan akal, karena selama ini lauknya direbus-rebus atau di baked doang di teflon. Sampai akhirnya, kepikiran bikin pepes. Pepes tahu, pepes ikan, apapun lah, kan cuma dikukus gak pake digoreng-goreng hehehe. Kali ini mau bagi resep yang kebetulan banget pas lagi inget aku capture-in semua mulai dari penyiapan bahan-bahannya (postingan ini emang di niatin banget hehehe)

RESEP PEPES IKAN MAS

Bahan yang disiapkan :
Bahan-bahan yang disiapkan

(1) Bumbu yang dihaluskan 
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Jahe seukuran 1/2 jempol 
  • Kunyit seukuran jari kelingking
  • 1 sendok makan ketumbar
  • Kemiri 1 butir aja
  • Cabe merah keriting 4 biji ukuran sedang. Semua bumbu dicampur dan diberikan garam lalu di ulek jadi 1. Kalau males, boleh di blender tapi jangan masukkan air terlalu banyak. Usahakan bumbu tidak encer agak mempermudah saat tahap pembungkusan.
(2) Ikan Mas ukuran sedang 1kg ( kemarin belinya yang masih hidup dapet 3 ekor).Ikan dibersihkan kemudian dilumuri perasan jeruk nipis dan garam, diamkan.

(3) Daun pisang dan tusuk gigi atau tusuk sate. Tips agar saat membungkus daun tidak sobek. Jemur dulu daun pisang di terik matahari agak lemas dan mempermudah kita. Tapi kalo saya biar praktis, daunnya saya panaskan di atas api langsung di kompor sampai layu ( hati2 kalau gak biasa, khawatir daunnya malah kebakar :P wkwkwkwk )

(4) 1 ikat Kemangi yang telah dibersihkan, cabai rawit sesuai selera dan tomat yang udah di iris ( lebih baik tomat hijau)

Setelah semua bahan siap. Potong daun pisang sesuai selera sebanyak 3 lapis. Lalu masukkan ikan dan dicampur bumbu serta taburan lainnya. 

ikannya udah dilumurin ni :P siap2 di bungkus
Gulung dan tusuk masing-masinh ujung dengan menggunakan tusuk gigi ( Nah kalo soal bungkus-bungkus, gak pernah bisa se-rapih kalo mama yang bungkus, susaah banget soalnya hiks hiks )

ikan yang sudah dibungkus dan stand by untuk dikukus
Masukkan ke dalam kukusan yang sudah berisi air. Kukus kurang lebih 30 sd 40 menit ( atau sampai air dikukusan mengering). Angkat dan sajikan :)
Ikan pepesnya sudah mateng dan siap disantap dengan nasi panas hehhee ^^

Selamat mencoba semoga bermanfaat ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar