Senin, 06 Oktober 2014

Bahan-Bahan Kebaya


Sebenarnya gak terlalu asing banget sih sama yang namanya jenis-jenis kain. Walaupun ada ratusan bahkan ribuan jenis kain yang gak mungkin di hapalin satu persatu, tapi setidaknya cukup banyak juga pengetahuan tentang kain-kain yang biasa digunakan untuk kebaya atau dress hehehee.. 

Yang jago banget itu mama, tau kan ya ibu-ibu paling hobby jahit baju. Sering hunting kain sama mama. Btw, hunting kain itu surga banget buat aku.. makanya paling suka kalo di ajakin mama ke toko kain. Tapi semenjak di jakarta sih jarang, karena ongkos jahitnya mahal banget disini.. that's why setelah nikah ngebet banget pengen kursus jahit. Minimal ntar ilmunya bisa dipakai untuk jahit baju sendiri, syukur-syukur bisa buat sampingan hehehe.. 

Aku juga suka banget payetin baju.  Seru dan menantang hehe. Ilmunya di wariskan dari mama. Kadang dirumah suka duet maut payetin baju sambil ngobrol dan nonton TV, seru..

Oiya, buat capeng atau teman-teman yang mau jahit kebaya atau kebaya semi dress serta gaun untuk dipakai sendiri atau seragam keluarga, tapi bingung mau beli kain yang gimana, ini aku review hasil survey aku tentang jenis-jenis bahan-bahan kebaya ya. 

Lokasi Survey :
Toko Kain FANCY di Pasar Mayestik. Disini lumayan lengkap jenis-jenis kainnya. Kalo harga sih relatif ya.. kadang ada yang mahal, kadang ada yg murah. Yang jelas, waktu aku kesini, hampir semua kain lagi ada diskon besar-besaran. Alhasil tokonya sesek sm perempuan-perempuan dan laki- laki yang nungguin dengan betenya hahahaa..

1. Tille Cornelli
Nah ini itu kain yang dasarnya tille kemudian di atasnya bertaburan brokat-brokat yang sudah "berpayet". Kain seperti ini banyak sekali jenisnya. Mahal tidaknya biasanya terlihat dari brokat dan payetnya. Semakin halus brokat dan semakin bagus payetnya tentu semakin mahal. 

Kain ini bisa digunakan untuk kebaya ataupun gaun atau dress. Anda cukup membeli beberapa meter dan penjahit akan menggunting dan membordir ulang sesuai dengan desain yang kita inginkan. Teknik ini biasa dipakai utk jenis kain lain. Cuma enaknya kain ini gak perlu dipayet lagi. Kecuali anda ingin menambah payetnya lagi. Untuk harga saat survey di toko ini, semua kain range harga Rp 450.000 s/d Rp 850.000 per meter. Namun hari itu karena sedang diskon range nya menjadi Rp 250.000 s/d 650.000 per meter. Lumayan kan ya?? Oiya, semakin halus, semakin banyak dan semakin rapet-rapet brokatnya itu semakin mahal.

dar 450 ribu /m jadi 250 ribu /m
yang putih, dari 750 ribu /m jadi 657 ribu /m, yang peach dari 550rb /m jadi 290 ribu /m
dari 550 ribu /m jadi 290 ribu /m
2. Prada
Ini termasuk kain favorit saya. Mau dibikin desain apa aja tetap bagus dan lagi happening banget.. cocok dipakai buat dress simple atau kebaya elegant kayak punya nya VeraKebaya hehehe..  atau bisa juga untuk modifikasi antara kain brokat dan prada. Mahal tidaknya kain ini dapat dilihat dari kehalusan tekstur dan kerapihan motif. Anda bisa mendapatkan kain prada yang murah namun tentu dengan kualitas yang biasa sepertu terlu tebal dan kualitas benang yang jelek. Sama seperti di atas, saat lagi hunting ke fancy, kain ini juga diskon. Saya dapat kain yang di toko lain dan pasaran kata mama Rp 250.000 per meter, saya dapet 250.000 per 2 meter. Aku beli warna biru electric. Lagi pengen warna ini gegara liat baju-bajunya verakebaya. untuk ukuran harga segitu, gak terlalu jelek. Ada yg lebih jelek dari itu di toko lain harganya Rp 300.000 per meter loh. Kalau kain ini range harganya aku gak survey detail disana. Jadi maaf gak bisa review harga. 

Ini yang saya beli. Dari harga 180 ribu /m jadi 125 ribu/m. Minggu berikunya balik lagi harganya jadi 220 / m  T____T
3. Brokat Prancis
Nah ini juaranya brokat. Kalau teman-teman pengen jahit kebaya yang bener-bener nempel di kulit, adem dan mewah, ya ini kain yang paling pas. Tapi harga emang gak bisa bohong ya. Yang aku foto ini ada yang harganya Rp 750.000 s/d jutaan per meter. Bagus banget sih memang. Nah brokat prancis ini setelah dijahit kemudian di payet full bakal jadi buagussss banget. Memang ya, harga gak bisa bohong. Ini sangat recommended buat capeng yang pengen di hari istimewanya tampil cantik berbalu kebaya mewah nan anggun hehehe..

Brokat Prancis

4. Brokat semi prancis
Brokat ini sih KW nya brokat prancis. Di Indonesia kalo gak ada yg di KW-in sih gak afdhol ya hehehe.. brokat ini bisa juga digunakan untuk menjahit kebaya dan gaun atau dresa. Kalau motif, mungkin anda akan menemukan banyak motif kece dari brokat jenis ini, sama seperti halnya broka prancis. Namun yang jelas membedakan adalah, kehalusan dari kain ini. Ini dipegang aja beda hehehe.. tp termasuk kategori rekomendasi untum dijahitkan kebaya kok. Range nya yang aku lihat sih paling mahal RP 550.000 per meter. (Harga pada saat survey sedang diskon ya).

Brokat Semi Prancis

5. Brokat biasa/ Brokat renda
Sebenernya bingung mau dinamakan apa. Yang jelas brokat-brokat lain yang harganya range Rp 25.000 sd Rp 200.000 rupiah saja. Nah kain-kain ini bisa dipakai untuk seragam bridesmaid atau keluarga. Lumayan menghemat budget. Tapi jenis kain ini gak jelek-jelek banget. Anda cukup memperhatikan pemilihan warna saja dan jga pilihlah motif brokat yang sesuai selera. Ada banyak jenis motif yang oke. Anda juga bisa pilih motif engkol yang terkesan mewah. ( engkol adalah motif di sisi paling bawah kain)
brokat renda ini range 60 ribu /m sd 150 ribu. Semakin bagus brokat, engkol, dan halus, jelas semakin mahal
sama seperti di atas
ini murah, mulai dari 20 ribu-an sampai 50-an. Motif mirip2 brokat semi prancis, tapi lebih kasar.
sama kayak di atas

Mungkin segitu dulu review survey kain kebaya dari saya. Oiya harga yang saya tulis itu adalah harga di satu toko. Kondisi saat saya datang sedang diskon. Soalnya pernah dateng lago kesana dan harganta kembali normal. Milih kain untung-untungan. Saran saya, rajin-rajin muterin banyak toko untuk compare. Lumayan walaupun cuma lebih murah Rp 10.000. Apalagi buat seragam, di kali berapa meter, kan lumayan banget selisih harganya hehehee...

Semoga membantu dan bermanfaat ya ^^

--Update--
Teman-teman, terimakasih sebelumnya karena tulisan ini bisa jadi popular post. Semoga terus memberi manfaat ya. Namun maaf sebelumnya bahwa ini bukan postingan jualan kain ya dear :) dikarenakan banyak dari temen-temen yang menghubungi saya dan menanyakan apakah saya jual kain2 kebaya, heheheheh.. Disini saya cuma review jenis2 kain kebaya dan harganya berdasarkan pengalaman saya sendiri. Tapi secara kebetulan saya emang jualan kain katun jepang motif shabby dan motif lucu lainnya #numpangpromosi hehehe. Teman2 mungkin ada yg minat boleh follow IG saya @laya_fabric atau like fanpage di Facebook "Laya Fabric" Terimakasih...

20 komentar:

  1. sangat membantu...mkasih min ^_^

    BalasHapus
  2. ternyata jenis bahan pembuatan kebaya itu banyak juga ya, baru tau saya ..
    dan kira2 bahan pembuatan kaos kaki wanita itu banyak juga gak jenis nya...

    BalasHapus
  3. Wah, kainnya cantik cantik yaa, di http://www.kebayamodernunik.blogspot.com kebaya nya cantik cantik lho...

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, Kebaya itu memang banyak macamnya

    BalasHapus
  5. Luar biasa produknya bagus bagus, Mantap, Yang butuh KEBAYA harga pas produk berkualitas memang disini tempatnya. Tidak diragukan lagi.

    BalasHapus
  6. bahannya cantik - cantik ya, moga laris dibeli para perancang kebaya

    BalasHapus
  7. Saya lagi cari model Kebaya yg cantik nih, buat acara wedding saya :)

    BalasHapus
  8. Ini bagaimana cara pesannya mbk

    BalasHapus
  9. Nice info.. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Sangat menginspirasi.. Best Regards : Fitinline..

    BalasHapus
  10. yth :pemilik blog
    izin bagi-bagi info agan
    Mencoba lebih baik dari pada diam. saya yang sudah bergabung di perusahaan okeyprofits.com mengajak anda untuk bergabung dan ikut serta merasakan keuntungan hanya dalam 100 hari. jangan biarkan uang anda diam dan malah berkurang tapi jalankan uang anda 2 x lipat untung 100 hari. minimal deposit 10 usd. Example
    anda deposit 100 usd bonus 20% maka menjadi 120 usd yang akan kami kirimkan, 1 usd x 10 rb ke pusat kalau melalui saya x 9 rb. modal 100 usd itu akan menjadi 200 usd dalam 100 hari. kalau mau ditukar ke rupiah tukar langsung ke pusat atau ke sponsor (sesuai syarat dan ketentuan perusahaan) maka rupiah akan di kirimkan ke bank pribadi anda. bank apapun itu kita akan kirimkan. kepercayaan anda adalah tanggung jawab kami.
    my info 082166643133
    Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
    Referensi Pendaftaran

    BalasHapus
  11. Sis aku mau tanya dong kan aku mau buat kebaya buat wisuda, udh beli satin dan kain brokat nya. Kira kira perlu lontorso apa engga ya?
    Tolong info nya ya terimakasih :)

    BalasHapus
  12. Sis aku mau tanya dong kan aku mau buat kebaya buat wisuda, udh beli satin dan kain brokat nya. Kira kira perlu lontorso apa engga ya?
    Tolong info nya ya terimakasih :)

    BalasHapus
  13. Love it!
    Jagi tau jenis jenis kain kebaya...hehe
    Makasih say <3

    BalasHapus
  14. saya kira jenis kebaya itu cuma brokat saja ternyata banyak sekali Model kebaya muslim modern

    BalasHapus