Senin, 06 Oktober 2014

Penjahit Dress Kebaya di Jakarta

Pengen posting tentang gimana ribetnya mencari penjahit untuk baju akad nikah. Sebelumnya aku pengen cerita dulu kalau Insha Allah waktu nikahan gak pengen pake kebaya yang di combine sama jarik atau songket. Dan gak pengen warna putih !! tapi jelasnya maunya yang soft, salem atau peach gitu. Pengennya sih dress, lebih nyaman dipakai dan lebih sopan karena tidak terlalu berbentuk. Untungnya orang tua menyetujui. Udah gitu, si perias di aceh juga kasih saran agar aku gak pakai kebaya saat akad karena berdasarkan pengalaman dia capeng bertubuh ekstra seperti aku ini akan terlihat semakin besar dan berlekuk #okefix

Niatnya di awal mau menyewa aja untuk baju nikahnya. Biar gak ribet karena masih harus mikirin beskapnya cowok lagi. Waktu liburan di Aceh aku di ajakin mama pergi ke beberapa tempat yang menyewakan baju nikahan, Seperti dugaan aku, untuk ukuran baju nikah, baju-baju yang mereka sewakan terlalu heboh dan meriah. Harganya juga gak murah-murah banget. Giliran ada yang cocok, di badan kegedean dan aku rasa jika di permak sana sini sama yang nyewain malah jadi gak bagus. Intinya aku mau baju yang warna sama modelnya jangan telalu ribet. Warna-warna soft dengan finishing standar aja. 
 
Akhirnya coba searching penyewaan baju di Jakarta. Ada sih beberapa yang modelnya sesuai keinginan. Tapi, harganya jauh lebih mahal dari yang di Aceh. (sudah pasti). Kalau untuk menyewa saja saya harus mengeluarkan duit minimal 2 juta rupiah, mending aku jahit. Biarpun jadinya minimalis, kan milik sendiri dan bisa dipakai lagi setelah ini. Oiya, beskap cowonya udah dapet. Nyewa dari perias resepsi Adat. Dia punya beskap warna coklat-coklat salem gitu. Yauda tinggal aku yang jahit bajunya cocokin sama beskap cowo. Gak masalah soalnya warnanya aku juga suka sih..

Udah Bulan September aja dan aku belum dapet penjahit. Mama langsung ngomel-ngomel karena waktunya uda gak banyak lagi, jahit baju kan lama, mama takut gak selesai. Bukannya selama ini cuek juga, tapi akunya yang masih bingung mau pake penjahit mana. Maunya kan yang bagus, cocok dan murce. Secara penjahit-penjahit di Jakarta ini tarifnya pengen ngajak berantem. Udah deh lupain dress-dress lucu koleksinya verakebaya yang harganya puluhan juta itu, atau penjahit-penjahit di Mayestik yang kadang juga suka bikin nangis darah sama tariff yang mereka pasang. Cari informasi sana-sini tentang penjahit yang recommended namun harganya masih belum masuk dalam budget. NIHIL. 
 
Di Jakarta sendiri aku kalau jahit dress biasa ataupun baju batik buat ngantor itu di penjahit rumahan di daerah Pondok Pinang. Mba siti namanya, dia ini langganannya orang BRI. Tapi untuk baju nikah, aku gak berani ngasih ke dia juga. Temen juga sempet nyaranin jahit di mantan karyawannya Dani Dahlan yang sekarang udah buka butik jahit sendiri di Depok. Mas Gatot Namanya. Kebetulan jadi kenal karena Dani Dahlan yang dulu model terkenal itu adalah nasabah kami dan dia punya usaha jahit dan konveksi partai besar. Tapi sayang, mas gatot tidak bisa menerima lagi orderan baju nikah karena sudah full sampai dengan Desember.
Aku mau coba review satu-satu tentang penjahit yang udah aku survey ya :
  1. PenjahitKebaya.com
Akhrinya setelah usaha nanya-nanya rekomendasi teman nihil. Banting setir untuk nanya rekomendasi dari Mbah Google. Eh banyak banget link dan iklan tentang penjahit yang namanya “ PenjahitKebaya.com”. Sempet mikir, kalau ini pasti mahal, walaupun tagline nya “ Penjahit kebaya murah Jakarta” tapi kalau iklan dan sliweran di Internet gini harusnya udah mahal kan ya.. Lupakan sodara2 !! 
 
eh tapi pas iseng scroll2 timeline facebook, tiba-tiba muncul postingan foto kebaya dari PenjahitKebaya.com. Ya ampun, ternyata udah friend sama dia sejak lama. Saat coba-coba buka albumnya, beberapa ada yang terpasang harga. Range antara 1,8juta sd 2,5jt. Wah masih masuk budget pikirku. Akhirnya aku mencoba menghubunginya by email dan telpon. Hari Sabtu aku mengunjungi rumah jahiitnya di daerah Bekasi. Saya “lagi-lagi” nekat naik motor sendirian. Modal headset di telinga dan smartphone yang terkoneksi dengan GPS. Sayapun santai aja nyetir sambil mengikuti perintah suara-suara mbak2 GPS. 200metters later, turn right dan seterusnyaaa.. akhirnya berhenti di depan ruko dan plonga plongo. Ya ampun, saya sudah dimana ini ya, asing sekali sama daerah ini. Jadi ragu sama mbak GPS, iseng tanya sama penjual roti goreng. Ternyata kata si abang, kurang lebih 2 kilo lagi udah nyampe. Alhamdulillah dimudahkan Allah.. #elapkeringat. 
 
Akhirnya sampai dengan selamat sentosa. Walaupun sempet muter-muter waktu nyari nomer rumahnya. Heran sama nomer rumah di beberapa komplek yang suka ngacak parah. Ternyata butik jahitnya itu di rumah. Pas masuk pegawai sama yang punya ramah banget. Yang punya itu udah tua. Mungkin umurnya sekitar 60an. Si ibu ramah banget. Saya iseng dan nanya “ Ibu, keren ya ibunya bisa update banget di Facebook dan sliweran di google “. Beliau jawab “ Wah itu sih bukan saya nak, itu anak saya yang aktif. Itung-itung bantu ibuknya “ . Kirain kan yaaaaa.. hebat banget kalo ibu-ibu seumuran beliau melek IT hehehe..

Setelah lama ngobrol dan kasih saran model apa yang cocok sama saya, aku pun di ukur. Untuk dress brokat + Selendang full payet harga yang ia pasang 1,9jt itu setelah saya tawar dengan sedikit memaksa hehehe. Harganya masih murah menurut saya setelah melihat contoh hasil payetan dia. Kain dari saya dan saya berjanji untuk mencari kain sendiri kemudian saya paketkan melalui JNE (gakkuat balik lagi kesana saking jauhnya). Ibuknya sih pesen kalau beli kain jangan yang sudah berpayet. Gitu katanya. 
 
Sampai rumah saya jadwalkan besok langsung cuss ke Pasar Mayestik untuk hunting kain. Mungkin saya cukup beli bahan brokat semi prancis aja. Pokoknya budget maksimal gak lebih dari 3 juta. Eh pas telpon mama, beliau sedikit heran sama kenekatan saya ke bekasi sendirian dan motoran padahal bener-bener blank. Sempet marah dan menyuruh saya untuk mencari penjahit lain yang tidak sejauh ini. Hiks hiks hiks..

PenjahitKebaya.com
Facebook : PenjahitKebaya.com
Email : marketing@penjahitkebaya.com
Alamat : Jl. Merak 4 No.36, Perumahan Inkopol Jakasampurna
Bekasi Barat. (Dekat pasar kranji baru, belakang SD Jakasampurna)

Foto di Galeri PenjahitKebaya.com :


  

  1. Enno Fashion Pasar Mayestik
Kenal penjahit ini dari temen yang pernah jahit dress sama dia. Aku pernah juga jahit disana sekali, termasuk mahal sih. Yah maklum aja namanya penjahit di Mayestik mana ada yang murah kan ya.. Tapi nyebelinnya si eno ini suka ngarett, super duper ngaret. Pernah suatu kali punya pengalaman gak enak, Nungguin jahitan dari jam 1 siang sampe jam 8 malam, sampe mayetsik tutup. Secara bajunya mau dibawa pulang ke Aceh lusa. Bela-belain ditungguin di tempat sampai selesai. Dan ajaibnya, biarpun buru-buru jahitnya, bajunya tetep enak dipakai, dibadan. Nah, cutting-an si eno ini aku suka, pas. Eh, semenjak itu, hubungan sama eno itu makin baik. Uda kayak temen sendiri, suka cerita-cerita dan becanda-becanda di WA.

Hari minggu waktu mau ke Mayestik nyari kain buat baju nikahan sesuai janji sama Ibu penjahit di Bekasi. Mampir ke tokonya si Eno. Eh ada tuh dia dan aku cerita aja mau jahit baju blab la bla. Iseng nanya, eh Si eno mau nerima padahal jahitan dia numpuk parah., Eh tapi si eno malah nyaranin beli kain yang berpayet aja katanya. Pengerjaan lebih cepat dan kalau kurang blink tinggal ditambahkan swarovsky katanya. Kata dia, penjahit yang gak mau bahan payet berarti dia males. Karena kalo bahan payet, pas motong terus payetnya mrotoli, penjahit harus payetin lagi satu-satu. Oh gitu toh..

Ngobrol ngalur ngidul, sampai akhirnya aku tanya, ongkosnya berapa. Dia jawab sedikit berbisik karena lagi ada customer lain “ 1juta aja buat lo, anggap lah bukan ongkos, bantu doang gw “. Pura-pura shock aku jawab “ eh buset dah lo no’, tega amat kasih harga mehong, gw mau kewong lo bantu kek” hahahahaa.. Terus dia bisik “ eh itu uda murah, lo tanya aja sm penjahit lain 1 mayestik" 

Lumayan lah ya harga segitu. Tapi abis dari Eno, masih rajin aja nanya ke penjahit lain dan semuanya pasang harga gila-gila, start from 1,8juta belum termasuk bustier untuk kain sudah payet. Nah, jadi buat temen-temen yang budgetnya minim kayak aku, kalau mau kebaya yang full payet, masih lebih mendingan ke PenjahirKebaya.com. Disana 1,9juta sudah full payet. Cuma ini aku lagi-lagi rezeki dari Allah. Alhamdulillah, banyak dibantu sama orang-orang yang sudah dikenal atau yang baru saja dikenal. Terimakasih semuanya…

Biarpun agak trauma sama si eno ini Karena sering ngaret banget, tapi better di dia daripada di bekasi tadi. Disamping disini lebih dekat, dan namanya jahit juga cocok-cocokan. Sama si eno uda ngerasain di badan cocok, sedangkan sama yang di Bekasi, baru pertama kali dan belum tau di badan enak atau engga. Harga. Bedanya juga tipis. Secara si eno nyaranin beli kain ful payet, per meternya aja udah berapa kan ya. Yaudah deh, Bismillah aja ya teman.. Semoga selesai tepat waktu :) FYI si eno ini customernya juga banyak kalangan artis, kayak Indi Barenz, Ussy Sulistyowati, Seven Icon dan masih banyak lagi.. Dia ini lulusan design yang mana ahli banget kalau jahitin desain dress aneh-aneh hahhaa..

Langsung hunting kain saat itu juga. Next bakal aku posting cerita hunting-hunting kainnya. Btw, penjahit di bekasi tadi langsung aku kabarin balik kalau di cancel dulu jahit disana dengan alas an jarak yang terlalu jauh. Mohon maaf ya bu, maaf banget, semoga usahanya semakin sukses, Amin YRA. Next mungkin nyoba jahit disini, tapi kalau untuk nikah gini kayaknya gak berani coba-coba. Hehehe

Alamat Enno Fashion :


kebetulan cuma ada foto ini di HP

17 komentar:

  1. Mbak bisa minta cp mbak siti yg di pondok pinang?kalo jait blouse batik disitu smp brp ongkosnya mbak?

    Iya bener banget penjahit mayestik itu klo ngasi harga suka seenaknya *hiks*

    Makasi sebelumnya mbak

    BalasHapus
  2. Sorry aku baru update comment kamu.. maap ya suka gak update krn dr hp. Tp kita uda emai2anl ya sai ^^ hhehehe

    BalasHapus
  3. mba bisa minta cp mba enno ga? mau coba jahit disana hehehe.. makasih banyak ya mba

    BalasHapus
  4. trimakasih infonya, klo di jogja ada juga penjahit Kebaya Modern di daerah piyungan.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. ditebet ada tuh sis.. deket sma 26, coba aja cek instagramnya nunilnugrahini..

    BalasHapus
  7. Dear All,
    Kami adalah sebuah perusahaan fashion yang sedang berkembang.
    Kami mengajak anda untuk maju dan berkembang bersama dalam bidang usaha fashion. 
    Kami menginginkan skill dan keahlian yang anda miliki untuk dapat bersama berkompetisi di tahun MEA Masyarakat Ekonomi Asia, dimana semakin ketatnya persaingan dalam berbagai industri dan tenaga kerja.

    Kami menyediakan lapangan pekerjaan umtuk:

    PENJAHIT + POLA UNTUK BUSANA WANITA, GAUN, KEBAYA, FASHION BUTIK, DLL 

    System kerja borongan, dengan menyediakan tempat, perlengkapan ,mesin dan bahan jahit untuk anda.


    GAJI + BONUS. UNTUK WILAYAH SURABAYA 

    SEGERA HUBUNGI:
    IBU LISA
    0819.3898.5577

    BalasHapus
  8. Mba, mau donk cp nya mba siti yang di pondok pinang, hehee
    Tolong email ke olny_marbun@yahoo.com ya mba
    Makasi sebelumnya mba 😊

    BalasHapus
  9. Mba info donk contact mba siti yg di pondok pinang,
    Bs email ke micilla15@yahoo.co.id
    Thanks ya

    BalasHapus
  10. Mb minta contact ny mb siti dong ke aivatkho@gmail.com. thank you

    BalasHapus
  11. Mb minta contact ny mb siti dong ke aivatkho@gmail.com. thank you

    BalasHapus
  12. Wah info yang bermanfaat, dulu bapakku juga pernah jahit di jakarta,
    Sekarang giliran anaknya yang mengikuti jejaknya...

    duniamenjahitbundaaira.blogspot.com

    BalasHapus
  13. hai mba..blh minta no hp eno mayestik? thanks

    BalasHapus
  14. PagiPagi Sewing menjahit kebaya, dress, batik, dll. Contact 0822 1150 1500. Lokasi Bintaro

    BalasHapus
  15. Mba minta contact ny mb siti dong ke nanc.steph@gmail.com , terima kasih

    BalasHapus