Minggu, 27 September 2015

Resep Ikan Bawal Hitam Bumbu Pesmol

Ceritanya, ini kali pertama aku masak masakan betawi selain sayur asem hihihihiii...

Jujur aja hari ini beneran kehabisan akal. Bangun tidur uda jam 9 siang. Laper sih, tapi bingung mau masak apa. Akhirnya cuma bikin jus kemudian tidur-tiduran lagi di sofa. Oh ya, biasanya emang tiap hari minggu aku uda ke pasar pagi-pagi. Tapi kemaren tetangga cerita kalo di pasar sepi karena penjual pada pulang kampung dan mulai jualan lagi senin. Jadilah berpasrah saja dengan apa yg tersisa di kulkas. Kari daging dan rendang masih ada. Tapi oh tidaaaaak uda enek banget dengan dunia perdagingan.

Jam 12 siang nyerah juga perut lapar. Bongkar freezer cuma ada tahu bakso dan ikan bawal beku. Oh ya, baru inget kalo minggu lalu beli bawal gede-gede mau di panggang di happycall trs dicocol sama sambel kecap. Tapi, kalo ikannya uda terlalu lama beku gak enak lagi kalo di panggang minimalis tanpa bumbu gitu.

Beberapa menit cari ide. Di goreng doang gak selera, di sambel kurang cocok. Jeng jeng jeng... keinget lah pismol. Langsung googling dan compare sana sini mana sekiranya bumbu yang paling masuk akal hehehe..


Alhamdulillah, jadi juga dengan rasa yang lumayan untuk percobaan pertama. Agak khawatir dengan resepnya karena kok kemirinya banyak amat ya hahahaa.. sejujurnya saya jarang masak pake kemiri, makanya tadi sempet ragu juga..

Oke, untuk variasi buibu dirumah, aku mau share bumbunya kali aja kapan-kapan dibutuhkan..

RESEP IKAN BAWAL HITAM BUMBU PESMOL

Langkah Pertama :

Ikan yang sudah dibersihkan dilumuri dengan perasan air jeruk nipis, garam dan merica. Diamkan kurang lebih 1/2 jam. Kemudian goreng di atas api panas. Jika sudah menguning, angkat dan tiriskan.


Langkah Kedua :
Siapkan bumbu untuk di haluskan :

1. 4 siung Bawang merah
2. 5 siung bawang putih
3. Kunyit sebesar kelingking dewasa ( kunyit di bakar dulu)
4. Jahe seruas jempol dewasa
5. Kemiri yang telah di sangrai 4 biji. ( di resep google kemirinya 5 atau ada yg 6 biji. Tapi aku gak berani jd pake 4 aja hehe)
6. Cabe merah keriting 1 buah
7. Cabe rawit merah 3 buah ( atau sesuai selera mau pedes atau tidak)

Semua bumbu di haluskan. Sisihkan.

Langkah Ketiga :
Siapkan wajan dan panaskan minyak. Masukkan Lengkuas yang di keprek, Sere di keprek, Daun salam dan Daun jeruk sampai harum.


Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam, merica dan sedikit gula. Tunggu sampai bumbu benar-benar matang dan harum.

Masukkan ikan yang tadi sudah di goreng. Masukkan pula irisan wortel, daun bawang dan cabe rawit bersamaan. Aduk sampai rata dan bumbu menyerap di ikan.

Oke, semua langkah sudah selesai. Ikan siap disajikan dan disantap. Dimakan dengan nasi hangat makin mantap hehehee..

Semoga bermanfaat ^^

1 komentar:

  1. DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN
    BONUS SPECIAL SABUNG AYAM WIN 8X .

    s128agen.club

    BalasHapus