Jumat, 20 November 2015

Belajar dari Seorang Driver Gojek

Kehadiran layanan aplikasi gojek di Jakarta bukan cuma bikin fenomena baru yang booming, tapi juga bikin efek ketergantungan buat penggunanya. Contohnya aku saja, kalau dulu biasanya suka kemana-mana motoran sendiri, sekarang lebih suka pake gojek, belanja pake gojek, ambil barang pake gojek. Manja !!! Positifnya sih lebih praktis, tapi negatifnya jelas bikin kita jadi malas gerak ( sudah pasti gak baik buat gue yan berbadan subur ini hehehe).

Oke lanjut ke topik utama yang mau saya ceritakan disini. Sudah tentu tentang kebiasaan memakai gojek. Tapi kali ini sedikit berbeda. Karena hari ini saya dilanda kepanikan dan berujung dengan rasa kasihan dan iba.

Ceritanya siang ini saya order gojek dengan menu gojek courier. Saya mau request ngambil pesanan gorden saya di pasar tanah abang. Eh saya shock ternyata untuk menu courier tarifnya beda ya. Jadi dari tanah abang ke Jl. MT Haryono Jak-Sel kantor saya tarifnya 31.000. Sedangkan dulu tarifnya flat sama kayak pake menu go-ride hanya 15.000. Dulu pernah titip barang dari ulujami ke kantor dan beberapa kali belanja online juga tarifnya flat. Tapi sayangnya sekarang tidak bisa sodaraaaa - sodaraa, untuk menu gojek courier sudah berlaku tarif /km.

Sebenarnya, kalau saya ambil sendiri hari libur kerja bisa saja, tanah abang cukup dekat dengan tempat tinggal saya naek motor 30 menit hari libur dan paling hanya menghabiskan 20.000 include bensin, parkir dan beli minuman. Tapi apa daya ada 1 alasan kuat menghindari ngambil sendiri yaitu takut mata jelalatan kesana kesini, yang tadinya mau ambil pesenan gorden doang malah melipir-melipir beli ini itu yang diluar rencana sehinggal total pengeluaran jadi membengkak hahahahaha. Semua wanita pasti begini yaa hihihi...

Saya pun klik request order courier, namun menit demi menit saya tunggu tak kunjung muncul notifikasi bahwa orderan saya diterima. Saya pun bercanda berpura-pura nangis ke teman kantor " aaaaaa.. gak ada yang mau nerima orderan gue niiih hiks hiks hiks". Si temen kantorpun balik menggoda " kalo gue jd abang gojek juga males mil, males nyari-nyari alamat tokonya, pusing gue sama tanah abang ahhaaha ". Gara-gara omongan temen, gue jadi ngebatin mungkin iya kali ya mana ada driver yang mau.

Akhirnya orderan saya cancel. Sudah terlintas di pikiran mau ambil sendiri aja hari Sabtu. Namun karena posisi masih terjebak macet saya iseng order lagi dan lagi-lagi sudah 3 menit gak ada yang merespon orderan gue. Kemudian saya whatsapp lah si pemilik toko tempat saya memesan gorden. Saya bilang bahwa kayaknya gak jadi di ambil hari ini karenq gak ada gojek yang mau ( pasang emot melas).

Tiba-tiba ada telpon masuk dari si pemilik toko yang ngabarin bahwa gorden saya sudah di ambil sama driver gojek kurang lebih 1 menit yang lalu. Saya langsung panik sekali. Bayangkan, di app gojek di layar HP jelas-jelas bahwa belum ada notif orderan di terima ( jika diterima kan muncul tuh foto driver dan nomer hape-nya). Kemudian saya refresh malah muncul notif  berwarna merah " SORRY. We couldn't find you a driver".

Saat itu di kepala saya yang terlintas adalah ada driver gojek yang mengambil kesempatan dalam kesempitan ngambil pesanan saya tanpa klik terima orderan. Dia memanfaatkan data-data lengkap yang saya tulis. Mungkin gorden buat istrinya dan sebagainya. Semua dugaan-dugaan negatif bersarang di kepala. Terlebih beberapa hari yang lalu baca berita tentang driver gojek banyak yang suka 'nakal' seperti membuat orderan palsu endebra endebre. Yang sebenarnya saya khawatirkan adalah gorden idaman saya itu harganya di atas se-jeti. Mungkin bagi orang itu murah ya duit segitu, tapi bagi saya itu puasa belanja dulu baru bisa kebeli ( itupun cuma kebeli untuk ruang tamu dan 1 kamar karena untuk yang lainnya kudu nabung dulu, ngenes to??? Iyaa ngenes emang) dan ditambah dengan belinya penuh pertimbangan dan menunggu izin bapak misua tercinta. Ini adegan lebay sih ya, emang asli lebay banget.. Astaghfirullahaladzim, aku sudah suudzon ya Allah.

Saat panik melanda, si bapak pemilik toko juga ikutan panik nelponin mulu. Padahal dia sama sekali gak salah tapi dia seperti merasa bersalah. Teman kantor kasih saran untuk telpon call centre gojek menanyakan apakah mungkin data pemesanan bisa di baca tanpa si driver melakukan persetujuan order. Eh sebelum saya telpon, iseng saya refresh lagi tuh app nya gojek. Sekali, dua kali, jeng jeng jeeeeng laaah kok muncul approval orderan atas nama pak warso. Alhamdulillah wa Syukurillah saya pun mengelus dada, ternyata tadi hanya kesalahan aplikasi. Error, namanya juga buatan manusia. Manusia aja gak sempurna, apalagi aplikasi yang turunan manusia.

Baru menghela nafas, si bapak pemilik toko telpon lagi. Katanya, si bapak gojek tadi balik lagi ke toko nganterin gorden nya. Di gak jadi anter karena di tengah perjalan saat dia cek HP orderan dari saya hilang. Bingung??? Iya bingung banget. Sedangkan di hp saya status orderan masih jalan. Kemudian saya sebutkan lah bahwa di hp saya nama drivernya warso. Dan ternyata si pemilik toko bilang nama drivernya zulkifli.

Oh yaaaaa... saya baru inget, bisa jadi bapak zulkifli itu adalah driver pertama yang klik terima order di orderan pertama saya yang sudah saya cancel. Sedang bapak warso adalah driver di orderan saya kedua. Saya pun telpon bapak warso dan memang benar bahwa dia sudah di dalam pasar tanah abang sedang mencari alamat toko yang saya order.

Saya pun telpon lagi si pemilik toko dan menjelaskan kronologisnya. Jadi kesalahan adalah dari aplikasinya. Mohon di sampaikan kepada driver gojek dan ucapkan terimakasih.

Setelah telpon saya tutup, saya pun galau. Teringat betapa kasiannya si driver gojek pak Zulkifli tadi. Dia rela parkir motornya terus masuk ke dalam nyari alamat toko. Sudah pasti semua tau betapa ribet dan njelimetnya nyari alamat toko di tanah abang itu. Sudah pake Blok, pake lantai, pake Los dan pakai nomor yang selalu acak-acakan. Si bapak sudah terbuang waktu, tenaga dan uang parkir motor yang mungkin cukup untuk jajan anaknya sehari. Sudah setengah perjalanan, dia masih rela balik lagi mengantarkan gorden saya kembali ke toko semula. Ya Allah siapa bilang dunia ini sudah langka orang baik ????

Sayapun whatsapp lagi pemilik toko berniat menyuruhnya untuk memberikan 20ribu kepada si bapak zulkifli untuk beli minum dan uang parkir serta ucapan terimakasih karena bersedia mengembalikan pesanan saya dan berjanji akan transfer 20 ribu untuk mengganti uangnya si bapak toko. Tapi sayangnya bapak zulkifli sudah pergi dari toko. Sampai tulisan ini saya buat pun, saya masih berdoa semoga hari ini dan hari-hari esok bapak zulkifli di beri ganti oleh Allah rezeki dari tempat lain yang berlimpah dan barokah.

"Hari ini saya belajar tentang kejujuran dan ketulusan dari seorang driver gojek. Barakallah pak, semoga sehat selalu dan dimudahkan dalam menjemput rezekinya. Amin Allahumma Amin.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar