Minggu, 29 November 2015

Me vs Bawang Merah

Kali ini saya bukan sedang ingin berdongeng tentang legenda tersohor " Bawang Merah dan Bawang Putih". Bukan pula adegan saya si bawang putih yang ditindas bawang merah. Ini cerita kisah saya vs sakit flu vs bawang merah. Hubungannya???

Jadi gini, 3 minggu yang lalu saat weekend saya full kegiatan. Badan butuh istirahat tapi apa daya banyak kegiatan yang harus di lakukan agar tidak tertunda. Tidur pun kurang karena saya punya kebiasaan susah tidur cepat. Harusnya weekend bangun telat tapi kemarin itu saya bangun cukup awal. Puncaknya saat minggu saya berenang. Ini wajib sih karena tiap weekend suka makan diluar yang aneh-aneh setidaknya berharap ada kalori yang terbakar ( walaupun kenyataannya gali lubang tutup lubang lagi hehehe.). Padahal berenangnya cuma 45 menit karena keburu maghrib, tapi malamnya saya bersin-bersin hebat sampai pagi. Besoknya badan drop, tenggorokan mulai sakit dan badan hangat.
Seperti biasa ini adalah pertanda flu mulai menyerang. Saya siapkan amunisi seperti adem sari, vitamin C isep dan juga susu beruang. Apa daya kondisi benar-benar drop dan flu resmi menjangkiti saya hehehe..

Sejak kecil memang tidak terbiasa minum obat, awalnya karena pahit tapi Alhamdulillah jadi kebiasaan. Alhasil tubuh saya pun tidak ketergantungan dengan obat. Mamak cerita saat kecil plafond berobat gratis dari perusahaan atas nasaya selalu berlebih banyak karena tiap sakit saya gak pernah di bawa ke dokter. Cukup dengan ramuan jitu temulawak atau sejenisnya racikan Ayah.

Tapi kali ini flu nya cukup hebat, saya sampai kewalahan tidak bisa tidur nyenyak. Besoknya harus kerja dan badan lemas karena kurang tidur. Saya coba saja beli obat sanaflu di indomaret. Apesnya di percobaan minum ke 3 baru obat bisa masuk ke kerongkongan (payah gw). Si obat pahit yang butuh perjuangan meminumnya itu cukup ampuh bikin saya tidur nyenyak. Tapi tetap saja, flu tak kunjung reda.

Hari ke-4 saya sudah mulai risih dengan cairan hidung yang semakin kental. Bukan bertambah bening. Kayaknya si virus yang ada di tubuh ini cukup berpendirian teguh gak mau keluar-keluar. Saya sudah tidak minum lagi sanaflu. Saya cuma minum air jahe hangat aja tiap malam.

Karena sudah capek dengan hidung meler dan bersin-bersin, aku minta saran temen kantor obat sirup yang ampuh ( kayak bocah hehehe). Dan dia pun menyarankan untuk beli obat sirup Actifed. 1 hari minum obat itu alhamdulillah bisa tidur nyenyak ( yaiyalah efek sampingnya aja menyebabkan kantuk). Cairan hidung pun tidak sepekat biasanya. Pikirku, aku akan tetap lanjutkan minum obat ini sampai habis. Setidaknya berkurang walaupun bertahap.

Malam harinya, aku buka timeline Facebook. Salah satu hal kenapa saya masih suka mainan facebook adalah karena ada group menjahit disana saya masih suka update tutorialnya. Disamping itu juga banyak info-info penting walaupun tak sedikit pula info-info yang bersifat provokasi.

Sampailah saya pada postingan seorang teman crafter tentang " Hindari Obat Sejak Dini Bagi Anak". Saya tetarik baca karena sayapun pengen saat punya anak Insya Allah saya membiasakan anak untuk tidak terbiasa mengkonsumsi obat sejak bayi.
Dan ternyata di dalam postingannya itu terdapat informasi bahan-bahan alami untuk penyembuhan beberapa penyakit. Salah satunya adalah SAKIT FLU PILEK.
Gimana caranya???

Oke, teman saya itu kasih tips bahwa sejak dulu jika dia atau anaknya terserang flu maka yang dilakukan adalah mengupas dan mengiris bawang merah sesuai kebutuhan dan ukuran kamar kemudian diletakkan di piring atau mangkuk. Bawang merah iris tadi di letakkan di kamar. Posisinya jangan terlalu dekat dengan kita. Karena perih di mata. Katanya, obat alami ini selalu ampuh.

Saya pun bergegas ke dapur malam itu. Untuk meracik bawang merah mengikuti arahan si teman. Duh, si bawang merah ternyata benar-benar bikin mata perih saat di masukkan ke kamar. Dan saya pun tidur tak lupa baca doa agar saat bangun Allah mengangkat penyakit kita.

Saat bangun tidur pagi.. Wah !!!!!!! Saya sampai lupa kalo tadi malam saya masih flu karena paginya saya normal seolah-olah kemarin gak sakit apa-apa. Tidak bersin dan hidung tidak meler. Masya Allah, dengan 5 siung bawang merah dapat menyembuhkan sakit flu dan pilek seminggu hanya dalam waktu 1 malam. Walaupun masih gak nyangka, sebaiknya mari kita ucap Alhamdulillah..

Besoknya di kantor, berceritalah aku ke seorang teman kantor yang duduk persis di depanku. Dia punya 2 orang princess. Niatku ingin berbagi tips kali-kali si princess kena flu aku punya tips untuk dia. Lah kok saat aku cerita ternyata dia sudah lebih dulu tau resep tradisional ini. Aku jadi penasaran dan nanya, " Kenapa sih mba bawang merah bisa menyembuhkan flu??? Gw jadi penasaran sm penjelasan ilmiah nya ". Lantas si teman menjawab, " Setau gw sih zat yang terkandung di bawang merah itu bisa membunuh virus flu dengan cepat. " mmmm.. masuk akal sih ya. Tapi next aku update lagi tulisan ini kalo sudah ketemu penjelasan lebih ilmiahnya ya.

Tiap obat pasti ada efek samping. Lah, emang obat tradisional ini ada efek sampingnya ??? Adaaaaaaaa hahahahahahaa.. Bangun-bangun seisi kamar bau bawang. Baunya gak enak, kayak bau ketek hahahaha.. udah gitu, tas yang biasa dipake untuk ngantor pun ikut-ikutan bau ketek. Hahahahahaa.. baunya asli gak enak. Sampai kantor karena malu aku tarih tas nya dalam lemari. Tapi gak sebanding lah ya sama efek positifnya. Bayangin aja, bawang 1 ons paling cuma 2 ribu. Bayangin saya sudah keluar 70 ribu untuk beli obat sirup dan  amunisi lainnya hehehe.. Tenang aja, baunya gak lama kok, belum sempet di pel besoknya juga uda hilang hehehe..

Semoga bermanfaat ya. Pesan saya, yang sudah punya anak, sejak dini biasakan anak anda untuk jauh dari obat. Sebaik apapun obat itu menyembuhkan seseorang, tetap saja obat adalah benda terbuat dari bahan kimia. Insya Allah, Tuhan menciptakan seluruh isi bumi tanpa sia-sia. Banyak hasil alam yang bisa jadi obat seperti jaman Nabi kita dulu. Insya Allah kita semua senantiasa diberikan kesehatan. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar