Minggu, 08 November 2015

Memilih Toko Elektronik

Sejak sah bekerja dan "sepertinya" harus menetap di Jakarta dalam jangka waktu setidaknya 5 tahun sesuai ikatan dinas, saya mulai mencoba untuk mencari toko atau tempat apapun yang bisa dijadikan langganan termasuk toko elektronik.

Citra Elektronik di Jatinegara. Awal mula gak sengaja ketemunya saat belanja hadiah doorprize acara kantor. Selanjutnya mulai sejak masih di kosan sampai sekarang apa-apa selalu beli di dia. Cici dan kokonya baik dan gak pake jutek-jutek. Jadilah saya resmi apapun compare harga melalui dia karena memang selalu murah dan gak perlu keluar urat untuk menawar. Misal mahalpun dari diluar, paling selisih dikit dan jadi ikhlas aja soalnya penjualnya baik. Kualitas??? Garansi?? Uda 3 item elektronik ukuran gede yang saya beli di dia Alhamduillah sih belum ada yg bermasalah.

Sebelumnya, saya mau cerita bahwa saya bukan type customer bawel yang suka nawar-nawar sadis yang setelah capek nawar gak dibolehin terus kabur. Saya juga bukan customer yang banyak nanya, yang banyak mau ini itu, yang jutek dan suka marah-marah sama pedagang. Engga banget !! Saya juga pedagang, jadi saya tau gimana gak enaknya menghadapi customer bawel. So sayapun harus jadi seller yang baik dan sabar, bukan seperti orang yang akan saya ceritakan disini.

Singkat cerita, kemarin saya berurusan sama toko elektronik di depok. Padahal tadinya sempet kepikiran mau beli di CITRA aja, tapi khawatir ntar ngirimnya kejauhan karena ada 4 item yang mau saya beli dalam nominal dan ukuran yang besar. Belum lagi mikir claim garansi yang ribet banget karena harus ke jatinegara dulu. Akhirnya saya simpulkan untuk tetap beli di Depok, sekalian cari langganan.

Setelah googling sana sini dan baca-baca di forum emak-emak di internet ketemulah satu toko elektronik yang katanya paling miring harganya di depok dan penjualnya baik. Namanya toko A*F* Di Jalan A*i*f R*h*a* H*k*m. Sampe kesana saya disambut hangat sama si koko yang sudah tidak muda lagi. Saya tulis di selembar kertas :
  1. Kulkas 2 pintu yang smart inverter merk LG atau panasonic??
  2. AC 1/2 pk low watt LG atau panasonic ??
  3. TV samsung 32 inc ??
  4. Mesin Cuci Samsung 7kg ??

Kemudian kertas tersebut saya kasih ke si koko untuk di isi dengan harga PAS. Si koko pun dengan cepat mengisi harga. Kemudian saya tawar dari harga yang ditulis dan dia bilang harga sudah MURAH. Saya coba compare dengan harga du internet, memang lebih murah, tapi jujur sulit cari harga compare di internet karena kadang harga kurang realtime atau terlalu banyak tipe/seri kalo barang elektronik . Saya juga sempet tanya sama si koko harga TV Samsung kalo yang 40 inch dan dijawab oleh si koko harganya 4.700.000.

Sampai di meja kasir si cici mulai menghitung. Saya iseng minta dikurangin dikit, dia NGAMUK DAN JUTEK KE SAYA. Oke, Saya diem dong merasa bersalah plus ketakutan. Saya akhirnya minta tolong request pemasangan AC di dahulukan dari antrian lain karena saya harus balik ke jakarta.

Lantas kemudian saya penasaran pengen nanya lagi, apa perbedaan spec antara TV samsung dan LG. Karena saya lihat-lihat modelnya LG kok lebih tipis. Lah kok si cici malah bilang kalo mau yang LG lebih mahal 200 ribu daripada samsung. Sedangkan tadi si koko bilang samsung lebih mahal daripada LG. Jujur ya disini uda mulai badmood. Keliatan si cici mau membodoh-bodohi saya. Oke lah saya diam aja karena saya tau di ajarin sama CITRA bahwa samsung di pasaran lebih mahal daripada LG walaupun selisihnya sedikit dan kualitas sama.

Kemudian sambil menunggu dibuatkan bon, saya liat lagi display TV di toko tersebut. "Kok kayaknya 32 inc itu nanggung ya, apa gak sekalian beli yang 40 inc aja ya...", batinku. Betapa terkejutnya saya saat saya tanya berapa harga TV yang 40 inc dan si cici menjawab 5.100.000. Spontan saya langsung pasang wajah emosi, mata melotot dan mulut mecucu. Jelas-jelas si koko bilang 4.700.000. Gila ya bo, itu JAUH !!!!! Menyadari saya sudah emosi dan memasang tampang asem, dia mulai linglung. Kemudian keluarlah 2 tanduk di kepala saya sambil bersuara dengan nada tinggi saya bilang ke cicinya ( Emang dia aja yang bisa ngambek. Sorry gue belanja gak ngutang jadi gue juga berhak marah jika lo keterlaluan). "APA?? GAK SALAH? GIMANA SIH CI. JUJUR YA SAYA SEBAGAI CUSTOMER JADI BINGUNG.  TADI CICI BILANG LG LEBIH MAHAL, KOKO BILANG SAMSUNG LEBIH MAHAL. SEKARANG CICI BILANG HARGA TV 5,1 JUTA, PADAHAL BARU 2 MENIT YANG LALU KOKO BILANG 4.7JT. SAYA JADI BINGUNG BELANJA DSINI. !!!!" ( Setelah marah-marah gitu agak takut juga gue di usir dari tokonya hahahaha..)

Si Cici dengan pura-pura tersenyum lucu dan dengan wajah merasa bersalah ngomong gini dengan santainya " Lah kan itu harga saya buka mba, belum di tawar, jujur aja ya, orang kan suka nawar sai, jadi saya buka 5,1 juta di tawar-tawar jadi 4.8. Yauda ah biar cepet 4.850.000 uda mentok. Kalo jadi buruan nih saya tulis ni soalnya waiting list banyak yang mau di anter hari ini juga biar mba nya di prioritaskan.", celotehnya dengan wajah tak berdosa.

Saya langsung jawab dengan nada tak kalah tinggi dari sebelumnya, " CICI ANEH YA, JELAS-JELAS SAYA UDA TULIS 4 ITEM DENGAN MEMINTA UNTUK DIKASIH HARGA PAS. UDAH 4 ITEM LOH ITU SAYA BELANJA !! TIBA-TIBA NCI KASIH SAYA HARGA YANG SANGAT JAUH DENGAN ALASAN  ITU HARGA BELUM DI TAWAR. NCI APA GAK INGET ITU 3 LAINNYA SAYA GAK TAWAR SERIBUPUN KARENA SAYA MINTA DIKASIH HARGA PAS?? JADI NGAPAIN  NCI MASIH KASIH HARGA YANG HARUS SAYA TAWAR LAGI. ITU BERARTI NCI MAU NGERJAIN SAYA, WAJAR DONG SAYA EMOSI !!!"

Kebayang gak sih emosinya saya. Padahal ya, ini toko ASLI laris banget. Saat saya datang aja list antrian yang mau di antar itu panjaaaaaaaang banget. Gak bohong. Saya gak tau lagi, yang belanja yang gak ada pilihan lain atau saya aja yang dikerjain. Tapi, sejujurnya harga dia dibilang miring sih engga, standar !!!

Oke perlahan saya mulai bisa mengatur emosi. Dengan polos saya bilang, saya ambil kulkas dan AC saja. 2 item lagi BATAL !!! Sekalipun dia merayu untuk bayar saja dulu agar harga tidak naik lagi dan sambilan mikir mau tipe yang mana. BIG NO !!!!!! TOKO ELEKTRONIK DI DEPOK BUKAN CUMA TOKO LO !!!!!! Dua item itu pun terpaksa saya ambil daripada di kira saya customer kere yang cuma bikin ribut toko orang.

Udah kelar??? Beloooommm,  masih berlanjut ke HOT- an kisah toko elektronik dan karyawannya. Jadi saat di toko saya tanya biaya pemasangan AC. Ternyata free. Hanya saja si Cici jawab kasih saja 75 ribu ke tukang pasang. Singkat cerita, Si nci beneran merasa bersalah sehingga pemasangan AC harusnya saya urutan 4 di pindah ke urutan 2. Jam 3 sore tukang AC melakukan pemasangan dan saya bilang gini " Mas, minta tolong di pasang yang rapi ya ntar tak lebihin bayarannya". Selasai terpasang, saya kasih 120 ribu untuk masnya.

Jam 7 malam, telpon masuk ternyata dari si mas pasang AC tadi. Dia pun bertanya " Mba barusan cici telpon saya, dia nanya, duit 75 ribunya. Kok si cici minta duit 75 ribunya ke saya ya mba, atau mba kurang bayarnya ke cici."

Saya yang masih terngiang-ngiang wajah si cici tua tadi pun menjawab "  Mas, tadi di toko saya tanya, berapa biaya pemasangannya? Kemudian cici jawab, gratis, kasih aja 75 ribu untuk tukang pasang. Nah tadi kan sudah saya kasih, malah 120 ribu lagi saya lebihin. Sudah ya mas, itu urusan mas sama cici, urusan saya sudah beres. Suwun mas. "

KAPOK GW, KAPOK BANGET !!

Pagi tadi saya penasaran dengan harga TV samsung yang sebenernya. Dulu sebelum dollar meroket pernah nanya ke CITRA katanya 4,6 juta belum di tawar. Akhirnya saya telpon aja toko citra pagi tadi, dan ternyata harganya 4.650.000 Belum Ditawar. Jauh lah ya? Bayangin per item bisa lebih murah 200 ribu aja, kali 4 udah berapa kan? Lumayan banget bisa dibuat tambahan beli gorden.

So, buat kalian semua, pedagang jauh lebih pinter dari kita jadi kita harus meningkatkan taraf kepintaran kita berkali lipat dari mereka. Ingat, kita punya duit dan toko elektronik bukan cuma  satu.

Tips memilih toko elektronik dari saya :
  1. Sebelum ke toko sebaiknya selalu menulis barang apa saja yang akan di beli. Tulis jenis barang, merk dan type. 
  2. Kemudian gugling spesifikasi barang tersebut.
  3. Tulis budget maksimal tiap item barang. Cari harga pasaran di internet atupun di carefour atau elekctronic city dan sejenisnya. Kemudian urut sesuai dengan budget.
  4. Sampai di toko elektronik, sampaikan di awal bahwa anda akan belanja beberapa item. Hal ini adalah strategi awal agak di penjual langsung ter mind set untuk kasih harga bagus.
  5. Jangan sampai terkecoh dengan rayuan si penjual tentang satu barang atau lainnya. Ingat, kita sudah gugling dan tau mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.
  6. Tawar dengan harga yang wajar. Kalo tawarnya terlalu sadispun biasanya mereka mengganggap kita gak tau pasaran ujung-ujungnya dia yang sewot. 
  7. Make sure free pengiriman dan lainnya.
  8. Pastikan keberadaan kartu garansi dan sebagainya.

Pada intinya, saya tetap jatuh cinta sm CITRA. Beli di dia aja ah yang kurang-kurang, sekalipun masih harus bayar ongkir, masih lebih murah dan tidak makan hati.

Yang mau tau alamat tokonya :

CITRA ELEKTRONIK
Jalan Bekasi Barat 26C Jakarta Timur. 
No telp: 021-91027606, 8196006, 85901232.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar