Jumat, 30 Desember 2011

Hobi Masak


 
Hobi saya masak. Ya memasak berbagai makanan, apapun itu, mulai dr makanan berat, kue basah, kering dll. Kalo di bilang, proses sampe saya anggap bahwa saya skrg mahir memasak itu tidaklah mudah. Itu dimulai sejak saya SMP, ya SMP. Mungkin di saat ank2 seusia saya itu masih di masakin pembantu ato mamanya. Kalau saya, sudah mulai ada peraturan dirumah, "kalau mau sarapan, masak sendiri, wooww "

Sampai skrg pun, saya masih sering menyalurkan hobi masak saya dikos. sampai rela pindah dr kos lama yang uda nyaman bgt, demi mencari kos baru yang ada dapurnya :D Yah namanya kalo masak itu kurang berasa kalo di makan sendiri, kadang saya suka masakin teman2 himpunan, teman2 kampus, habibi, abang indra jaman masih sm2 d surabaya, dll. Nah. kalau lagi liburan di kampung di Aceh. Seperti biasa, hobi masak saya sangat benar-benar berguna kalau lagi dirumah. Ini memang menjadi salah satu moment bahagia buat mamak. Soalnya segala urusan perdapuran mulai dr bikin teh pagi2, bikin sarapan, makan siang, cemilan sore, dan malam sudah secara sah diserahkan kepada saya.. Saya pun biasa aja,, gak shock2 banget.. karena pekerjaan seperti ini sudah saya lakukan sejak SMP, wajar saja skrg (tanpa berniat sombong) saya memang terlihat jago memasak dibanding teman2 seusia saya, soalnya memang sejak SMP saya sudah berteman dgn dapur,,bahkan SD, sudah mulai di ajak mamak ke dapur untuk melihat atau membantu memotong motong, jaman SD masih tahap pengenalan, masih nanya, yang mana lada yang mana ketumbar, yang mana jahe yang mana lengkuas, dll.  Mamak sll bilang " jadi anak perempuan, mau gak mau harus bisa masak ". Aku rasa gak salah belajar masa sejak dini, ah peduli amat kata org menantu idaman itu yang pinter masak. bener sih, tapi bkn tu motivasi saya. karena memang menurut saya, masak itu sama dengan berkreasi, menghasilkan karya seni, terlebih bisa dinikmati org banyak dan mereka suka, itu sudah berpahala.

Sekarang saya memang merasa lebih jago masaknya drpd mamak, hehee (pede banget),, soalnya nih, saya suka buka2 resep di Internet,,suka compare resep satu dan lainnya, dll. suka cari resep2 baru biar org rumah gak bosen, dsb. Jadi inget dulu, susah payah menghapal resep suatu makanan, kalo nanya mamak pasti jawab nya gini " kalau nanya mulu, kapan bisanya,  " teoottt. Gagal dalam masak itu hal biasa, sering banget malah kejadian gt. tp Justru dgn gagal kita bisa memperbaiki kesalahan kedepannya.

Tau gak sih, kalau dulu di paksa masak.. justru skrg beda, kadang sangat menggelitik, saking saya gak bisa diem, mama malah bilang " udah deh, masak mulu, diem sehari napa ? wkwkwkwk " lucu juga kalo di bayang2in. So far, mama selalu memfasilitasi hobi q. mulai dr beliin perlengkapan masak yang aq request, dan mau bantuin belanja bahan-bahan untuk masak. :)

Aku pengen.. suatu saat hobi q ini harus menghasilkan. Pengen punya bisnis kuliner. coz this is my passion. Jadi gak ada salahnya juga, malah kata org kalo berbisnis sesuai dgn passion, akan lebih mudah dikembangkan dan dikreasikan. Amin semoga suatu saat terwujud :) Kalo skrg masih skala kecil2an. misalnya, bikin kue risoles, tahu isi, bolu kukus, atau bakwan buat di titipin di toko mama. untungnya juga gak ada ambil, hanya iseng sekalian tes pasar :D kalo lebaran, terima pesanan kue kering, biasanya yg pesen sodara-sodara :D

Salah satu wujud kontribusi saya untuk berbagi mungkin dgn blog ini, selama ini saya kalo masak udah langsung dimakan. Sekarang, saya lebih suka foto, kemudian saya posting d blog ini. kelihatannya jauh lebih bermanfaat. Di tunggu ya.. mungkin postingan saya kedepan banyak makanan nya deh :D hehehehe...


Ini ni beberapa masakan yang pernah saya buat :


2 komentar: