Kamis, 03 Juli 2014

Souvenir (Part 1) Tas Yasin songket

Kayaknya untuk yang ini lebih baik diselesaikan jauh-jauh hari, ada beberapa alasan pribadi, yaitu :
  1. Biar hemat, dibawa ke acehnya menggunakan jatah bagasi di pesawat, teteeup gak mau rugi :p
  2. Beli-beli souvenir gak masalah jauh2 hari, karena kalopun ada perubahan tanggal dsb gak bakal ngaruh, toh akunya jg gak pengen ada cetakan tanggal di souvenir.
  3. Seperti biasa, abis lebaran cenderung banyak kenaikan harga di beberapa sektor, termasuk souvenir ginian yg mana kebanyakan barang-barang impor. Menghindari harga naik biarpun cm dikit, beli aja skrg hehehe..
  4. Terakhir, biarpun ini di taro di point 4, tapi sebenernya alasan UTAMA hahaa.. Baru daper insentif, jaga-jaga duitnya kepake sesuai dengan post yang uda dtentukan, biar gak ke goda belanja aneh-aneh (dasar cewe -___-)
Untuk Kriteria Souvenir yang bakal dibeli kurang sbg berikut :
  1. Untuk Souvenir Resepsi, budget gak boleh lebih dari Rp 3000. Kenapa ? alesan pertama karena dengan budget segitu uda dapet benda yang bagus dan bermanfaat kok.. :) Jadi jangan khawatir acara kalian tidak berkesan hanya karena budget souvenir yang minim, sekarang dengan 2000 rupiah saja uda dapet yang oke, biasanya tergantung packaging yang membedakan mahal engganya. Sebenernya, souvenir gelas-gelas gitu lucu2 ya.. Harga juga terjangkau. Tapi sayang, bawa ke Acehnya susah hehehe..
  2. Souvenir untuk resepsi dan untuk panitia bantu-bantu harus yang ringan dan mudah dibawa saat lebaran dgn menggunakan sisa jatah bagasi pesawat. Hemat Ongkir kan ?? hehehe
  3. Untuk Pengajian, souvenir besan dipesen di Aceh aja.
  4. Souvenir temen2 di Jakarta mungkin bakal milih yang gede sekalian, pecah belah gpp.
Okhay, seperti biasa aku uda blog walking capeng2 lain. Yap untuk Jakarta tenpat-tepmpat rekomendasi beli souvenir antara lain (saya urutkan sesuai mana yang lebih banyak di review ya ) :
  1. Alfrianda/ Yana Souvenir (Cipinang)
  2. Pasar Mester Jatinegara
  3. Mangga Dua
  4. Pasar Asemka
Sesuai dengan rekomendasi dr capeng2 lain, aku pilih ke Alfrianda dulu. Gudang Souvenir deket banget dr tempat tinggal aku, tinggal ngesot. Kesananya sama Dini, tetangga di Aceh yang juga mau nikah dan pengen survei-survei. Dr awal uda beberapa item yang di incer, tempat tissue satun atau tas multifungsi satin. Kenapa gt ?? iya emg aku cari souvenir yang ringan, dan sesuai dgn tema acara yaitu adat aceh. kalo ringan kan gak perlu pake ekspedisi, cukup menggunakan jatah bagasi pesawat saat mudik lebaran.

Sampe ALFRIANDA yang posisinya di belakang LP Cipinang ( Masuk dari gang pas sebelah kanan LP Cipinang lurus aja kira-kira 200m belok kanan ke gang pertama dan luruuuss aja smpe ntr ktemu gang (kayaknya) terakhir di sebelah kiri yg jalan nya agak menurun, nah dr situ uda kelitan deh plang ALFRIANDA dan dengan parkiran yang full.

Aku kesananya pas minggu, dan nyesel abis. Rame banget capeng2 yang kesana, kyknya cuma aku dan Dini yang gak bawa pasangan hehehe.. Waah ini tmpt bener-bener recommended deh.. pilihan nya banyak dan juga tempatnya cukup nyaman (ada karpet dan AC). Tapi sayang, akunya jg bete krn rame padet, dan mbak2nya yg mgkn tadinya ramah jd keliatan cape dan bete. aku pun mau nanya2 harga jd males.. takut mba nya sewot kalo bolak balik nanya. Akhirnya cm nanya bbrp jenis aja, terus bisik ke dini " Din, aku punya gudang souvenir lain referensi di google, kita coba kesana aja kali ya ? " yang penting uda tau kisaran harga, next bisa balik lagi kalo emg lebih murah hehehee...

Ini ada beberapa foto yang aku ambil di alfrianda, bener kata bang Raja yang uda lebih dulu beli souvenir, katanya mending kesana jgn weekend -____-






Alamat Vendor ALFRIANDA/ YANA SOUVENIR :
Jl. Cipinang Pulo RT 15/ 11 No. 11
Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur

Perjalanan aku dan dini lanjut ke daerah penggilingan.. Dari LP Cipiang langsung cuss ke Penggilingan lumayan deket, cuma 10 menit naik motor, deket banget luruuss aja dr LP Cipinang.. Disana ada gudang souvenir namanya BOSSOUVENIR, ada blog nya. Tapi pas sampe ke gudang itu, ternyata minggu tutup sodaraaaa-sodaraaaa :( (tears). Ada ibu sekitar itu yang ngeliat kita kebingungan, eh pas tau kalo qt mau beli souvenir, dia ngarahin ke gudang 1 lg, ternyata ada dua gudang di daerah itu, cuma beda gang dan ternyata yang punya adik kakak sm Bosouvenir heheheheee.. siang-siang bolong motoran, wanita perkasa bgt gw ya hahaha..

Nur Arif nama tokonya, ini juga punya toko di pasar Jatinegara. Di Gudangnya ini, dia lebih banyak melayani order luar kota dan juga order dr reseller. Jadi, dia punya banyak reseller yang ngejualin lagi souvenir-souvenirnya di internet. Kemarin juga sempet ketemu dengan mba-mba yang jualan di Blog dan Instagramnya. Lumayan, per item dia bs ambil untung minimal 500 rupiah, minimal loh ya..

Kalau untuk pilihan, mungkin NUR ARIF ini gak punya pilihan sebanyak ALFRIANDA, tapi motif design dan kualitas sama aja. Untuk souvenir-souvenir yang umum banyak banget pilihan. Karena dari awal saya uda tau mana yang mau dibeli jadi fokus aja sama itu. Tapi ibunya juga nawarin tempat tissue, box kecil tempat aksesoris, kipas batik (yg sebenernya kualitasnya lebih bagus dr kipas impor cina "cintailah produk indonesia" hehehe..) kayak gini.. (maaf fotonya cahayanya gak oke).

Kipas Batik, ini cm 2000, bagus dan kokoh drpd kipas impor cina

kotak motif songket

dompet koin
tas yasin/ tas multifungsi
maaf, copas dr wes bossouvenir

maaf copas dr web bosouvenir
Penampakan kalo uda di packing satu-satu kurang lebih gini, tinggal di tempelin kartu ucapan terimakasih aja :)



Sebenernya banyak yg lebih lucu dan unik, tp karena nyarinya yang ringan dan nyerempet2 sama tema acara yaitu adat aceh, jadi yang masuk kategori ya yang gitu hehehee..

Tapi, si bapak bilang kalo org sumatera, orang Malaysia pasti sukanya sm motif yang ada songket-songketnya.. iya juga sih.. Yauda langsung fokus ke tas serbaguna motif songket, karena setelah dikirmin fotonya, si mama suka banget sm yang itu.. Untuk akunya, sesuai sm rencana karena harganya sesuai budget (murmer) dan juga ringan untuk di angkut naik motor ke rumah dan di bawa plg pas mudik.. Mama bilang juga, untuk resepsi jangan terlalu mahal souvenirnya beda sm kalo qt bikin d kota besar dan di gedung hehehe.. ntar juga aku bakal beli lagi souvenir untuk temen dket dan teman kantor, souvenir untuk keluarga besan, souvenir untuk pengajian, souvenir untuk panitia hahahahaa.. banyak bgt ya bikin pucing hehehe :D

Nah karena aku uda males muter-muter survey lagi, pilihan akhir jatuh kepada " TAS MULTIFUNGSI BAHAN SATIN MOTIF SONGKET " langsung aja deal-in harga hari itu. Barang jg ready dan bs langsung d bawa, karena memang akunya gak mau kalo souvenirnya di packing dlu, biar di packing satu2 di aceh biar gak ribet bawa pulangnya. Sebenernya kalo beli di Alfrianda lebih mudah bawa pulangnya krn lebih deket ke apartemen. tapi yaudalah, mgkn emg ini rezeki si Bapak dan Ibu :)

Apa yang bikin aku seneng?? liat nih 800 souvenir pas uda d packing cuma segede gini doang dan pastinya sangat ringan dan bisa diangkut naik motor..



Thanks buat dini uda bantuin muter-muter dan angkut-angkut hheehee.. smoga ada referensi banyak dan segera balik lg untuk borong hehehe..


Review untuk Vendor souvenir NUR ARIF :
  • Harganya sama aja kok sama ALFRIANDA, kalo dr pasar jatinegara uda pasti beda, kata si Bapak uda jelas beda karena disana kan dia dan org2 pada nyewa toko.
  • Bapak dan Ibu nya baik banget, ramaaaaah.. trus sabar ngeladenin. Aku samadini disana dr siang smpe sore, sambil ngobrol-ngobrol dan disuguhin buah-buahan dan minuman dingin. Ini salah satu Kelebihannya dr ALFRIANDA salah satunya itu. Di Alfrianda saking overload orang disana, mbak-mbaknya smpe bingung ngeledenin satu-satu. Bahkan ada satu org yang malah sibuk packing souvenir customer lain satu2 ke dalam mika.. krik..krik deh kita..
  • Akses kesana sebenernya mudah sih, dr LP Cipinang ya lurus aja ke arah walikota Jaktim. Nah tapi rumahnya itu masuk gang kecil yang cm muat motor. tapi jangan khawatir, beliau punya tempat paskir mobil diluar gang khusus untuk customernya.
  • Tetep nawar, itu wajib hehee.. aku bs dapet harga cucok krn nawar dgn teganya hehe.. gak juga sih,, aku berani dan pede nawar krn uda tau harga pasarannya dr si Alfrianda. 
  •  Untuk diluar kota, bisa order by phone dan dikirim dengan ekspedisi Pahala..




Alamat NUR ARIF SOUVENIR :
Jalan Bona Rt 009 Rw 03
Penggilingan Cakung Jakarta Timur

Ini Map nya biar mempermudah :


maaf copy dr web bossouvenir
Ancer-ancernya, kalo uda masuk dr Jalan Bona, lurus aja sampe nemu pertigaan, belok kiri, lurus lagi dan ada belokan sejalan. ntr tanya-tanya sm warga sekitar dimana mesjid LDII atau Langsung aja tanya penjual souvenir. Ada 2 disitu, Bosouvenir atau Arif Jaya Souvenir, sama aja kok :)

Sekian dulu review vendor Souvenirnya, Semoga membantu ya :)

3 komentar:

  1. subhanallah ka Lia pengalaman2 nya seru bgt dan inspiratif buat aku yg lagi bingung cari2 referensi undangan & souvenir. Emang jodoh kali yeee aku jg akan pake tema Aceh nanti, calon suami yg dari Aceh heheheee. Thx a lot ka Lia, semoga langgeng dan jadi keluarga yg samara, Amiiinn. :)

    BalasHapus
  2. Hallo Nopi... Nice to Know You.. Alhamdulillah kalo bisa membantu, tujuannya sih gitu :) Wah, dinikmatin aja ya, seru banget soalnya hehehe.. Wah kebalikan aku dong ya. calon aku malah bukan dari Aceh.. Acara di Aceh dong ya ??

    BalasHapus