Minggu, 03 Agustus 2014

Ikan Bakar Bumbu Kuning

Seperti tahun2 sebelumnya, setiap pulanh ke aceh, pasti ada yg kurang kalo gak ada tradisi makan "duek meuramin". Tradisi duduk makan bersama ramai2 lesehan di lantai pakai tiker.. lebih enak lagi kalo di halamam rumah kali ya.. atau di gazebo2 gitu yang mana di aceh terkenalnya dengan nama " panteu" hehehe..

Okhay, abang2 pasti bakal nagih mulu minta dimasakin ikan bakar berikut lalapan dan sambel2nya. Selalu wajib tiap aku pulang, dan maunya ya aku yang masakin wkwkwk.. -____- 

Kakak ipar yang tahun lalu sebelum hamil juga ngerasain ikan bakar buatan aku juga nagih, katanya sampe kebawa ngidam cuma karena gak berani makan yang bakar2an selama hamil jadi di tahan dan nunggu aku pulang katanya.. hahahahaaa... 

Nah, kalau bumbu kuning gini emang gak semua jenis ikan cocok menurut selera saya. Ada bbrp ikan yang enak dibakar tanpa bumbu alias cukup bumbu2 dasar saja.. tapi karena kemaren masih lebaran, dipasar jenis ikan belum banyak2 bgt, biasanya di pasar ikan seger banyak dan jenis ikan yang cocok untuk dibakar juga banyak. Jadilah aku dan mama beli ikan bandeng yang memang banyak dan segar di pasar..

Oke kali ini aku share resep ikan bakar bumbu kuning versi aku ya.. resep ini untuk 2 ekor ikan bandeng ukuran besar..

IKAN BANDENG BAKAR BUMBU KUNING :

Langkah pertama :
Bersihkan ikan bandeng dan beri perasan air jeruk nipis ( saya suka air nipisnya banyak), kemudian lumuri dengan garam sesuai selera dan diamkan ikan selama 1 jam sambil mempersiapkan bumbu lain.

Langkah kedua :
Siapkan bumbu untuk dihaluskan :
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Jahe seukuran setengah jempol. Tapi ntah krnapa saya suka jahenya banyakan.
  • Kunyit seukuran telunjuk org dewasa. Dibakar terlebih dahulu baru kemudian dikupas.
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar 1,5 sendok makan
  • Cabe merah kriting sesuai selera. Kemarin aku pake 5 buah.
Langkah ketiga :
Semua bumbu kemudian di blender. Lebih bagus di ulek krn kadar airnya gak sebanyak kayak di blender.  Tapi krn ribet, di blender aja deh hehehehe..
Bumbu yg sudah dihaluskan di lumuri ke ikan yg udah standby di mandiin hehhe.. eh tp kalo air perasan jeruk nipisnya banyak di buang sebagian biar waktu di campur bumbunya gak encer dan sulit nempel di ikan..

Setelah dilumuri dan di diamkan selama beberapa menit. Ikan siap dibakar.. kebiasaan aku, d kawat pembakar itu, aku sisipin beberapa lembar daun pisang, disamping bikin efek ikan gak lengket banget di kawat, juga bikin efek ada aroma2 wangi daun pisang gt hehehe..  saat dibakar cukup di olesi minya sayur aja dan bumbu kuning yg bersisa. Tanpa pakai kecap.. :)
Selamat mencoba ya... :) mudah kan?

Nah ikan bakar ini paling cocok di santap dengan sambel kecap dan terasi segar. Kmren aku bikin dua-duanya. Krn abang2 sukanya sambal kecap, aku sukanya terasi. Sekalian dikasih tau resep sambel ala lia disini juga aja kali ya..

SAMBAL KECAP :
Bawang merah, tomat, cabe rawit (takaran sesuai selera) di iris2 ulek kasar. Iris daun jeruk tipis2 dan beri sedikit perasan jeruk nipis. Kemudian lumuri dgn kecap manis dan kecap asin sedikit. Udah deh gt doang..

SAMBEL TERASI SEGAR :
Sambel terasi segar ini resepnya aku dapet dr tante di surabaya dulu..
Bawang merah 2 siang jangan dikupas, tomat setengah buah dan terasi udang di bakar. Mau pratis taro aja d teflon di api kompor, kalo uda gosong2 layu gt. Di angkat lalu bawang merahnya di kupas. Kemudian siapkan ulekan dan campur bawang merah, tomat, terasi, cabai merah, cabai rawit, ulek deh.. kasih garam dikit gula dikit, peras air jeruk nipis.. woooww ngetiknya aja ngences ngebayangin hehehe.. kadar pedas disesuaikan sm selera ya :) 

Dimakan dengan nasi panas dan lalapan. Laziiiiisss.. hehehe..
Kami sekeluarga makan nya lahap banget, Nasi 1 rice coocker gede abis tak bersisa malah kurang, semua makannya pada nambah sih wkwkwkw..

"Coocking with body n soul"
Selamat mencoba :) 

Ini Penampakannya :)
Ikan Bakar Bandeng Bumbu Kuning
Ikan bakar + sambel Kecap + sambel terasi segar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar