Kamis, 16 Oktober 2014

Hunting Kotak Seserahan

Salah satu moment yang paling menyengkan saat wedding prep itu adalah belanja seserahan hehehee.. Kebetulan kali ini sang calon memberikan kesempatan untuk aku belanja dan pilih barang-barang sendiri. Mau gimana lagi kondisinya gak mungkin banget bisa belanja bareng. Gak enaknya, karena biasanya kan capeng kalo belanja buat seserahan didampingi atau bahkan beberapa barang yang beli langsung dari pihak cowoknya, tapi sisi positifnya, puaaasss bisa belanja dan pilih-pilih sendiri.

Nah tapi tetap ada aturan karena si mr.H kasih budget tertentu. Kemudian kami list dan diskusikan apa-apa saja yang akan dibeli. 

Selanjutnya semua daftar kami buat di google drive dalam bentuk excel agar kami berdua bisa akses kapanpun dan dimanapun. Kami juga membuat 1 kolom lagi untuk memasukkan harga perkiraan sehingga semua barang jika di totalkan sesuai dengan budget yang kami sepekati bersama.

Khususnya untuk aku, setiap habis belanja barang tertentu, aku akan check list mana yang sudah, mana yang belum. Kalo sudah, aku bubuhi harganya. Sehingga bisa tau duitnya sisa berapa lagi, maklum wanitaaaa hahahaha.

Nah kali ini mau cerita tentang perburuan nyari kotak seserahannya. Niat awal mau sewa aja di aceh, kotak yg khas aceh. Per buah 30 ribu saja ukuran besar. Karena besar, saya hanya butuh maksimal 6 buah. Namun setelah dipikir-pikir, dari sisi prinsip ekonomi #tsaabh.. kalo saya beli ada 4 alasan penghematan :

  1. Bisa dipakai saat acara unduh mantu. Mau gak mau pasti beli lagi di jakarta untuk dibawa ke kalimantan, walaupun yang model biasa.
  2. Rencana abis aku, abang bakal nyusul Insha ALLAH. waktu lamaran dan nikahan, kan abang masih bisa pakai. 
  3. Setelah itupun, masih bisa aku pakai untuk nyimpen barang di rumah. Makanya pilih bentuk, warna dan motif yang kita suka dan bisa dipakai lagi.
  4. Kalau mau lebih berkah, bisa dipinjamkan kepada teman yang mau ada hajatan
Akhirnya coba survey kotak seserahan. Ada 2 tempat inceran, pertama pasar cikini dan pasar mayestik. Tapi karena kebetulan jahit baju nikahannya di mayestik, yauda sekalian aja hunting disana. 

Pengennya pakai kotak yang di tutupi mika. Tapi maunya setelah acara kotak masih bisa dipakai lagi. Kalo tutupnya mika doang, kan gak bisa dipakai lagi. Setelah muter dan hinggap di beberapa toko, nyangkutlah aku di 1 toko yang namanya 2 putri. Aku request bahwa kotak yang aku mau ada tutupan mika dan tetap ada tutup box kartonnya juga. Untuk desain kotak 1 set isi 4 buah, yg bahan wallpaper harganya 280rb. Sedangkan yang bahan kertas biasa harganya 185 ribu setelah ditawat jatuhnya 170 ribu. Yaudah, aku akhirnya ambil yang kertas biasa saja. Itu sudah tutupan mika dan tutup kotak yang full. Jadi habis acara masih bisa dipakai. Lama Order 1 minggu karena aku request warna yang gak lagi ready stock.

Sampai rumah, cerita dong sama ortu dan setelah kirim foto ternyata mama bilang mikanya kurang tinggi. Gak bakalan muat. OMG. Langsung panik, secara aku uda DP 70% dari total pembelian 350 ribu. 

Penjualnya untung enak banget, dia aktif di Whatsapp sehingga aku bisa konsul dan nanya-nanya via chat. Akhirnya si mbaknya kasih aku free custom hanya 1 kotak yang ukuran mikanya tinggi. Kata dia untuk tas. Tapi, tetap aja kata mama, harusnya semua kotak tinggi -___-'. Nah kalo mau semua kotak tinggi, kena charge lagi harganya jadi 225 ribu. Ya ampuuunn, jd 2 set jadi 450 ribu untuk kotak doang? Belum beli pita, hiasan lainnya dan ongkos kirim. Bisa2 kotak aja 600 ribu habisnya. Ya mending beli barang kan ya? Aku mikir sejauh itu coba.. yaiyalah, wajib !!!! Ini kan duit titipan, jd harus dipakai sebijaksana mungkin. Toh uang dia ntar juga jadi uang kita.

Alhasil dengan keberanian ekstra aku bilang ke mba nya, aku cancel aja orderan di dia. Alhamdulillah mba nya sangat baik dan bersedia transfer balik DP yang sudah aku bayarkan. Selanjutnya aku mau coba nyari di tempat lain, tapi kalo juga gak ketemu yang sesuai budget, terpaksa sewa di aceh.

Buat temen-temen yang pengen hunting seserahan dan budgetnya cukup, toko ini sangat recommended. Yang punya baikkk bangey, pegawainya juga ramah-ramah. Dia juga jualan di IG loh. Sebenernya harga di dia standar, toko lain malah ada yang lebih mahal. Tapi karena aku mau penambahan ini itu, jatuhnya jd mahal hehehe..
Toko 2 putri

contoh parcel di IG @duaputriparcel
contoh parcel di IG @duaputriparcel

contoh warna & motif untuk kotak kertas biasa
contoh warna & motif untuk kotak kertas biasa

Toko 2 Putri
Plaza Pasar Mayestik
Lantai semi basement
Blok Cks No. 083 A
INSTAGRAM : @duaputriparcel

Kesempatan berikutnya ke mayestik untuk ceki-ceki jahitan. Sebenarnya agak males hunting-hunting kotak lagi. Mau coba ke Cikini, pikirku gitu. Tapi kok yaaaaaaaa pengen liat-liat juga gitu. Akhirnya aku coba muterin lagi, kayaknya masih ada yang belum disamperin. Sampai ketemu sama 1 toko dimana akang-akangnya lagi riweuh sama nge-dekor hantaran orang. Tapi ramah banget layanin aku dan jawab satu-satu pertanyaan aku. Aku jadi naksir sama kotak yang full cover, terus motif shabby gitu. Kayaknya engga lagi deh pake mika-mikaan, kapok aku. Eh ternyata dia harganya standar, tapi bisa di goyang abis loh hahahaha.. dia buka harga awal sih sama kayak toko lain. Tapi karena aku nawarnya sadis, terus ada bisnis dikit sama dia (bisa aja) aku dikasih harga per set nya hanya 170 ribu saja total 2 set 340 ribu. Belum nemu yang semurah itu setelah muter-muter. Ada di toko lain, motif dan bahan sama per 2 set nya 380 ribu. Alhamdulillah.. fix aku ambil 2 set tapi masih pre order dulu karena belum dateng barang baru dari pengrajin. Aku gak mau dikasih yang uda di display. Hehehee..

Ini juga recommended walaun pilihan kotak bermotif shabby gak selengkap toko sebelumnya. 

penampakan toko aliyan's

kotak seserahan motif shabby chic

kotak seserahan motif shabby chic
ALIYAN's Keranjang
Plaza Pasar Mayestik
Lt. Semi Basement Blok BKS no. 63-64
HP : 0857 2167 4365
Telp : 021 9763 8569

Alhamdulillah beres. Aslinya urusan printilan ginian males banget dibuat ribet. Tapi ya mau gimana.. dasar akunya sendiri juga ribet hehehhe..

3 komentar:

  1. Bingung cari tempat jual Kotak Hantaran ?
    ada di KotakHantaran.Com

    BalasHapus
  2. ada niat untuk jual gak mbak?

    BalasHapus
  3. Haiii ... numpang promosi yaa ... kalo mau sewa kotak seserahan akrilik bisa asama aq yaa ... harga 60 sudah hias dan sewa lho.. sudah hias dengan bunga ... jika berminat wa le 085694824883

    BalasHapus