Selasa, 07 Oktober 2014

Berburu Tiket Pesawat di GITF

Sudah pasti yang namanya tiket untuk renteran acara nikahan ntar pasti jadi salah 1 hal yang membuat kepala pusing. Mungkin bisa jadi budget yang harus dikeluarkan adalah sebesar biaya pembuatan undangan. Karena rute yang harus aku tempuh itu (Jakarta - Aceh dan sebaliknya serta juga Jakarta - Banjarmasin dan selaliknya). Belum lg si calon yang lebih heboh lagi rutenya ( Taiwan-Singapore, Singapore-Medan, Aceh-Jakarta, Jakarta-Banjarmasin dan sebalilnya, terakhir Jakarta-Taiwan) uwoow. Mungkin budget dia untuk tiket bisa melebihi dana yang dikeluarin untuk seserahan hehehee.. ^^

Untungnya, temen-temen nge- Share kalo lagi ada Garuda Indonesia Travel Fair (GITF ) di JCC tgl 12 sd 14 September 2014. Awalnya sempet acuh aja. Paling yang promo tiket keluar negri doang, atau yah paling juga pameran2 biasa yang gak terlalu besar benefitnya. Sempet mengabaikan juga, masih mengganggap kalo yg diskonan itu sih sesudah dinaikkan setinggi-tingginya baru di diskon sebanyak-banyaknya, sama aja boong, kecuali barang cuci gudang, gitu pikirku.

Hari Sabtu tanggal 13 September, posisi dalam busway mau ke jakarta barat. Buka-buka path dan ada temen update kalo dia lagi di event GITF. Ah, jd penasaran untuk nanya. Melalui whatsapp dia cerita kalo diskon-diskon nya lumayan, bisa setengah harga dari harga normal, termasuk tiket penerbangan domestik. Semua yang promo adalah tiket penerbangan mulai Januari 2015. Kecuali hari besar seperti IDUL FITRI. Wah kebetulan acara ntar 2015. Harusnya jangan sampai ketinggalanbuat dateng nih.

Jadi makin penasaran. Pulang dari jakarta barat busway nya ngelewatin JCC, galau, berhenti gak yaa, behenti gak yaa.. dan akhirnya aku tetap lanjut pulang. Pengen pulang dan diskusi sm Mr.H gimana menurut pendapatnya.

Sampe rumah, Mr.H ngerespon positif banget dan nyuruh aku kesana dulu. Katanya kan gak ada salahnya kesana dulu buat sekedar tau dan liat-liat. Awalnya sempet males juga kalau kesana cuma untuk lihat-lihat meyakinkan informasi yang simpang siur udah gitu sendirian lagi. Tapi sih temen juga ada yang suggest katanya kesana aja karena aku kan butuh banget nyicil tiket untuk hari H. Mikir juga dan akhirnya aku putuskan besoknya kesana.

Jam 9 pagi uda sampai dan antrian tiket sudah panjang banget. Tiket masuk dijual seharga 20 ribu rupiah. Sedangkan untuk member garuda free tiket masuk. Pengguna debet atau CC BNI dapet promo buy one get one free. (event ini kerjasama dengan BNI).

Masih pagi, di dalam masih lumayan sepi. Eh beneran loh, tiketnya murah. Sekelas garuda yang free airport tax saat itu ( menurut informasi per oktober exclude airport tax) dan juga free bagasi 20kg. Langsung Happy, gak sedih lagi karena kesananya sendirian. Kadang enak juga jalan sendiri, lebih bebas melipir kesana kesini hehee.. 

Survey sana sini, akhirnya kembali ke travel agent pertama yang mbak nya lebih ramah dan antrian gak panjang-panjang banget. Pembayaran debet or CC cuma bisa pakai EDC BNI dan kena charge 3%. OMG!!! Lumayan juga. Oke, tiketnya aku booked dulu, sebelum di issued, aku cari cara buat dapetin cash ( secara di dompet cuma ada 1 juta). Alhamdulillah JCC punya fasilitas ATM gallery. Semua bank ada termasuk BRI. 

Langsung balik dan bayar, tiket di cetak. Prosesnya cepat. Antrian nya panjang banget. Ud gitu ya, 1 orang belinya gak 1 tiket, bisa berpuluh-puluh, termasuk saya. Beli buat calon, mama, ayah, abang dsb hahahaha.. Nah event kali itu ada promo HAPPY HOUR. Yang termasuk happy hour itu jam 9 sd jam 12 siang serta jam 18.00 sd 21.00. Saat happy hour, harga tiket benar-benar murah banget hanya untuk destinasi luar negri. Harga tiket luar negri akan kembali normal selain di happy hour. Sedangkan untuk tiket domestik, harganya tetetp diskon selama event tanpa ada ketentuan happy hour. Ada bagi-bagi goodie bag juga kalo mau isi quesioner. Lumayan, isi goodie bag nya bagus, salah satunya tumbler.

Hati senang dan mari pulang. Alhamdulillah, rezeki orang mau nikah ada aja dari Allah. Padahal udah nyiapin duit yang gak boleh di utek-utek di rekening 5 juta untuk persiapan beli tiket. Bener-bener benefit banget event ini. Maaf ya Mr. H Uda sempet ngomel-ngomel dan gak mau pergi. Bayangin aja berapa duit yang terselamatkan dengan beli tiket di event ini yang harusnya bisa di alihkan ke budget lainnya, ya kan?

Review harga tiket yang aku beli :
  • Jakarta - Aceh ( aku gak beli karena itu jadwal pulangnya sebelum januari jadi gak promo)
  • Aceh - Jakarta : Dapet harga 560 ribu (Normaknya 1,5 juta itupun tiket lion air, garuda update terakhir tanggal segitu 2,2 juta)
  • Jakarta - Banjarmasin : Dapet harga 380 ribu (Normalnya 800ribu an Lion air itupun transit surabaya dulu)
  • Banjarmasin - Jakarta : Dapet harga 360 ribu ( Lebih murah dikit karena beda harga airport tax yang berlaku di bandara banjarmasin. Normalnya 700 ribu an lion air itupun transit surabaya dulu )
  • Jakarta - Surabaya dan sebaliknya {titipan abang} : Dapet harga 400 ribu-an ( Normalnya berapa saya kurang tau. Tapi harusnya 600 sd 700 ribu-an itu pesawat biasa. Udah gitu airport tax bandara juanda kan mahal banget, jadi masih ada biaya lagi kalau beli tiket selain garuda)
Kalau dilihat lumayan banget kan ya promonya? Tiket sudah inclue bagasi 20kg dan juga Airport Tax. Alhamdulillah masih rezeki karena ternyata per Oktober 2014 tiket garuda exclude Airport Tax. Btw, Kemarin kebetulan cuma beli rute-rute itu aja. Sekalian buat mama, ayah, abang dan ipar. 

Over all puas banget, beberapa catatan penting dari aku :
  • next event, kalo kesini datangnya pagi-pagi karena belum terlalu rame antrian tiket masuk dan di dalamnya.
  • akan ada banyak travel agent disana. Harga yang mereka tawarkan relatif sama. Jadi carilah yang paling nyaman anda mengantri dan petugas yang melayani juga ramah. Karena kalo kalian pesennya banyak, kan bete banget kalo yang ngelayanin jutek hehehe..
  • bukan cuma tiket pesawat biasa, paket travel untuk liburan rombongan, umroh, honeymoon semuanya ada disana. Carilah dan survey yang memberikan tawaran paling menggiurkan.
  • kalo kesana, pakai lah pakaian dan alas kaki yang senyaman-nyaman nya. Karena antrian nya cukup padet dan berdirinya lama bingiitt..
  • kalau ragu bawa cash, jangan khawatir karena disana ada galery ATM ( BRI, BNI, MANDIRI, DKI).
  • buat ibu-ibu, Kalau gak ada yang bisa di mintai tolong jagain saat anda antri, mending jangan bawa anak-anak ya. Aku kasian aja liatnya. Udah gitu kalo lagi nangiss kenceng, duuuh, beneran bikin yg lain antri jadi tambah bete karena berisik hehehee.. kasian juga anaknya.
  • karena petugas input datanya cepat-cepat, cek ulang tiket sebelum anda meninggalkan tempat, cek kembali apakah tujuan penerbangan, nama dan jam nya sudah sesuai.
  • kalau ada teman, sodara atau kerabat yang mau nitip dibelikan. Catat diselembar kertas nama mereka serta tujuan penerbangan dan tanggalnya. Trik ini mempermudah petugas input data dan mengurangi tingkat kesalahan pemesanan juga.
Mungkin sekian dulu cerita saya tentang pengalaman mengikuti event Garuda Indonesia Travel Fair. Can't wait to see the next event.

2 komentar:

  1. huuiihh.... amntap juga sepertinya.
    mgkn berikutnya mampir deh ke pamerannya.

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera.
    Apakah toko Millati lokasinya di Jakarta?
    Terima kasih.
    Alex.

    melalui@yandex.ru

    BalasHapus