Rabu, 04 Januari 2012

Masak Aceh, Kuah Leumak engkot sure

Nah.. kangen banget sama kampung ni ceritanya.. kangen banget juga sama masakan2 di sana.. biasanya, masakan aceh gak lengkap kalo gak ada asam sunti, belimbing sayur yang uda di keringkan, sampe warnanya jadi item,  sayang banget, stock di kos abis :( 

Oke, aku rasa untuk anak kos ini bukan resep yang sulit, jadi bisa dipraktekin, murah dan mudah,, tinggal butuh kemauan dikit aja, hehehehe...
oke check this out. aq bakal jelasin secara rinci,, hehehe..

RESEP kuah leumak engkot sure

( buat yg gak ngerti bhasa aceh, engkot sure itu ikan tongkol, or bisa jg ikan pindang kalo di surabaya, hehehe )

BAHAN :

ini resep untuk porsi 4 ikan pindang ukuran lengan ank TK ( maksa banget ni nulisnya aku, hahaha )

- Ikan pindang --> aku beli di Pasar jagir, 1 kerangjang itu isi 4 ikan, segede lengan ank TK. 1 kerangjang cm 4.000 loh, murah ya, hehehe... Nah ikan nya seharusnya biar gak ancur pas di masak itu, dikeringin gt di terik, ato di goreng sebentar boleh juga... tp ttp lebih enak di jemur..
- belimbing sayur 4 buah yang besar ( kebetulan kemaren ilegal ambil d pohon d jurusan, drpd jatuh tak berguna, ambila aja :D setelah minta ijin sm office boy yang lagi nyapu, hehehe. suwun pak )
- santan ( karena males beli kelapa n meras, aku pake santan kara yang packaging kecil bentuk segitiga itu, cm 2.000. kalo mau kentel sekentel-kentelnya, pake 2, hehe..)
- Bawang merah yang besar 5 buah
- bawang putih 2 buah
- kemiri 1 bulet besar
- kunyit 1/2 jari kelingking
- jahe dikit aja
- cabe ijo 5 buah atau sesuai selera ( cabe di belah memanjang jadi 2, tapi jangan putus )
- lombok merah kalo di jawa, aq suka pedes jadi pakenya 6. kalo di aceh pake cabe merah yang panjang itu paling 2 uda cukup.
- garam
- daun jeruk


CARA MEMASAK :

( sumpah mudah banget, sambil merem juga bisa,, hehehe )

- pertama, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe dan lombok di ulek sampe halus.
- kalo uda, panasin minyak, tumis bawang merah yang uda di iris, kalo uda beraroma, masukkan daun jeruk biar minyaknya harum.
- bumbu yang uda di ulek, dimasukkan dan di tumis..
- kemudian masukkan santan. harus terus di aduk biar santan nya gak pecah..
- masukkkan ikan ( ikan nya 1 ekor bisa d belah 2 ato 4), kemudian masukkan juga cabe ijonya.
- terkahir masukkan belimbing sayur. Nah belimbingnya itu, di iris2 dlu, kemudian, airnya di peras kedalam masakannya. peresnya jangan terlalu membabi buta sampe remek gt ya temans, hehe,, peras sampe keluar airnya, nah bekas perasan tadi jangan di buang, di masukkan aja ke dalam masakannya. Okhay, tambahkan garam seusai selera, aduk2 terus sampe mendidih. Pake api sedang ya :) kalo aq apinya menjurus ke kecil. jadi bumbunya nyerap, hehhee..

Taraaaaa....


Selamat mencoba,, Insya Allah enak,,, :) mudah dan murah kan ya ??



Tidak ada komentar:

Posting Komentar