Jumat, 06 Januari 2012

PEMANDU ??

Ada Apa dengan " Pemandu " ????

Seorang teman saya pertama mengetahui saya seorang pemandu itu langsung tertawa dan bilang, " HEBAT qe ya ". Agak merasa aneh dengan ucapannya, aku kembali bertanya, " emang yang qe tau, pemandu itu apaan ? " dengan polosnya dia jawab, " pemandu itu, orang yang ngmong n ngisi pas ospek,," tertawa ngakak waktu itu, kebetulan chatting via bbm, segala emot icon yang tertawa saya keluarkan... lucu aja, tapi ya gak ada salahnya sih.. namanya juga beda tempat beda istilah. Sama seperti kalau di jawa kata ponten itu berarti toilet umum, sedangkan ponten di Aceh adalah nilai. misal : ponten ulangan matematika saya 9. gitu juga kalo bakwan, disini ( jawa ) bakwan itu kayak bakso, sedangkan di aceh bakwan itu makanan sejenis ote2 di sini, ada udang di atasnya. ada lagi, martabak, kalo di aceh itu ya martabak yang manis ada mesis n keju bla bla. kalo di jawa martabak itu namanya terang bulan. Ahh,, sungguh indah emang keanekaragaman bahasa kita. Dan saya bangga bisa mengenal keduanya :)

Okhay, kembali lagi...
Ya Saya memang Pemandu, seorang pemandu Pelatihan. Di ITS ini saya acungkan jempol masalah pelatihan nya. Saya gak tau di perguruan tinggi lain apakah sampai benar2 jalan dan prosedural seperti ini. Mulai dari LKMM pra-TD. LKMM TD, LKMM TM, LKMM TL dan Pelatihan Pemandu. Tapi saya bersyukur bisa mengalami dan menjadi bagian dari itu.

Saya memang telah selesai menempuh pelatihan sampai LKMM TM dan Pelatihan Pemandu. Tapi memang tidak untuk LKMM TL.. itu kelasnya trll tinggi, karena harapannya adalah Manajemen massa. Silahkan kaum adam yang lebih pantas sepertinya :) . Kalo di bayang-bayang lagi, saya merasa beruntung bisa mengikutinya rentetan pelatihan itu. Karena, tidak semua org punya kesempatan sama. Bisa mengikutinya itu melalui screening dan seleksi serta penilaian yang panjang. Saya tau itu karena masa2 skrg sayalah org yang bertanggung jawab untuk mengadakan kegiatan2 itu, turun temurun istilahnya :)

Saya telah lulus dan dinyatakan sebagai pemandu.. Bangga donk, karena saya memang suka berbagi.. Tapi saya jujur tidak peduli dengan anggapan orang bahwa pemandu beginilah, begitulan, dan lainnya. Intinya mereka memandang jadi pemandu hebat. Memang, lagi2 tidak semua orang bisa menjadi pemandu. Wajar saja banyak yang mengganggap menjadi pemandu itu Hebat. Walaupun memang, bebannya sungguh besar. Harus menjadi panutan, Role model dah pokoknya...



Tapi yang aku pengen sampein, bagi ku, ya berdasarkan pemikiranku, aku tidak pernah merasa aku special dari anak2 kebanyakan. Pemandu bagiku bukan sandangan untuk aku berbangga diri, untuk aku merasa paling pintar, paling baik, jago, role model sesungguhnya, paling senior, TIDAK. Saya tidak pernah merasakan bahwa menjadi pemandu itu adalah sesuatu yang bisa di banggakan. Tapi hanya satu, karena dengan menjadi pemandu lah saya akan lebih punya banyak kesempatan untuk berbagi... ya berbagi dan saling bertukar pikiran.. Itu yang saya cari..

Bukan hobi, tapi itu adalah bawaan naluri. Mungkin terlalu lebay kalo saya bilang panggilan hati. Tapi, ntah kenapa, saya begitu bahagia di saat punya kesempatan berbagi sm peserta, bertukar pikiran, dan bercerita banyak, kita sama2 belajar. itu merupakan kabahagiaan tiada tara bagi saya.. tulus, dari hati, tidak mengharapkan apapun, selain mereka senang mendapatkan sharing ilmu dari saya :) Lebih bahagia lagi, kalo dapet feedback isinya bagus2, brrt saya sukses membius mereka dan mengajak mereka menyelami meteri yang saya berikan :)

Kadang sempat berfikir, kalo lulus nanti, dimana saya bisa mengulang moment2 indah seperti ini lagi. terlalu muluk kalo saya bilang mengisi seminar. Yah. paling kalo jadi dosen, tapi tidak mungkin jg kalo di pikir2... Oh iya, kapan hari, bbm-an sama teman di aceh, Dia bilang pengen banget budaya pelatihan seperti di ITS jalan lagi seperti dlu. Soalnya katanya sih dlu pernah ada tapi skrg vacum. Skrg sedang di konsep. Katanya, kalo aku pulang, pengen di undang untuk sharing2.. wooww,, ini kesempatan bagus,,

Terimaksih ITS, FTIF, SI, yang uda memberikan banyak kesempatan untuk saya belajar. berkembang dan berbagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar