Rabu, 04 Januari 2012

RESEP PIZZA LEZAT ala LIA

Waktu pulang ke Aceh, memang adalah saat2 paling enak kalo mau eksperimen,, selagi bahan nya bisa dibeliin pke uang mama dan juga peralatan lengkap pastinya,,, Salah satu yang uda lama bgt pengen aq coba adalah pizza,, hehhee,, walaupun mama sempet nolak waktu aq bilang pngen bikin pizza, katanya sih takut gagal kan lumayan mahal. Mama bilang, beli aja deh, kalo d Lhokseumawenya gak ada Pizza Hut, adanya Papa Rons. tetap aku gak mau.. 

Langsung aja aq internetan, buka resep2 orang sana sini, compare sana sini, Okey, saya uda nyatat resep yang menurut saya paling pas. akhirnya hanya dengan uang 100rb itu aq bisa belanja untuk bahan2nya..

oke, kita mulai ya,, :) 

RESEP PIZZA LEZAT ala LIA

Bahan :

- untuk roti nya :

300 gr terigu (ayak terlebih dahulu)
1 sdm ragi instan ( aku pake fermipan )
1 butir telur
gula pasir,, ini sesuai selera, kalo suka manis 2 sendokan, kalo gak suka manis 1 ato setengan sendok aja
30 ml minyak zaitun, di minyak biasa jg boleh, ato margarin cair
150ml air dingin
garam secukupnya


- untuk saus :

1 sdm minyak
1 buah bawang bombay (di iris kotak atau panjang2)
1 siung bawang putih cincang halus
5 - 7 tomat ukuran besar ( di rebus, kemudian di parut )
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica hitam (blackpaper)
1/2 sdt basil
1/2 sdt origano
( untuk basil dan origano, agak sulit sih dapetinnya, kalo di kota besar ada di giant atau ranch market. kebetulan kemaren k italy, jadi iseng aja beli dari sana, murah satu botol cm 1 euro. hehee.. gk wajib sih, cuma yang bikin khas Italiano itu justru d basil n origanonya :D )

- Topping :
50 gr daging sapi / ayam, potong dadu ( karena saya suka dagingnya banyak, jadi saya tambahkannya takaran dagingnya )
1/2 kaleng jamur
1/4 paprika --> saya gak pake soalnya gak suka :)
1/2 bawang bombay iris memanjang
1/2 kaleng jagung kaleng
daging asap / sosis ( sesuai selera )
keju parut


Cara membuatnya :

Untuk bahan roti, pertama ayak tepung dan ragi. Agar raginya gak ngambek, garam n mentega kalo pakai, itu belakangan aja ya,, menggangu kinerja si ragi soalnya.. masukin air dingin, telur, dan gula pasir. uleni adonan, kira2 sudah tercampur, baru masukkan garam dan mentega. uleni sampai benar2 khalis. Diamkan adonan 15 menit. kemudian bagi menjadi 2 bagian. diamkan kemnbali 15 menit.

Untuk sausnya, panaskan minyak, tumis bawang bombay, kemudian masukkan bawang putih. masukkan pula tomat yang telah direbus dan di parut. masukkan garam, gula, dan merica. tunggu sampai saus mengental dan meletup-meletup. Terkahir sekali, masukkan basil dan origano. kemudian, daging, jamus, paprika, ikut dimasukkan juga kedalam adonan saus. aduk sampai rata, matikan api. dinginkan sebentar.

Ambil adonan dan pipihkan kedalam loyang (atau piring keramik anti panas). sebelumnya, piring di olesi mentega dan di taburi sedikit tepung. Setelah adonan pipih dan membentuk lingkaran. taburi topping dan saus di atasnya. kemudian setelah selesai, taburi lagi di atasnya jagung manis, daging asap / sosis dan terakhir keju,, keju mozarella lebih asik kayaknya. Kemaren saya pake keju cheddar biasa, hehehe...
okhay,, masukkan kedalam oven yang sebelumnya telah di panaskan.. api sedang, atur waktu 15 menit dulu,, jadi harus rajin di jaga dan di cek gt :) biar pas,, hehehe...


cukup mudah kan,, btw 100.000 itu saya bisa bikin 2 kali loh,, jadi 4 pan ukuran besar gt.. lumayan kan drpd beli, lebih puas toping nya lebih banyak. Alhamdulillah orang rumah suka,, :) Selamat mencoba :) bikin pizza itu mudah kok :)


Ini sebelum di panggang...

ini sambil nunggu selesai di oven :)



ini setelah keluar dr oven :)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar