Rabu, 04 Januari 2012

Sop Ayam Enak ala LIA

Asiiikk,, saya mau nulis lagi resep2 jitu, khususnya buat org2 yang suka masak, bosen beli makan dluar, tapi masakannya special, hehhee...

Awalnya gara2 saya suka masak, tapi kurang punya banyak waktu buat lama-lama di dapur. Bosen juga kalo harus beli makan dluar, kalo di Surabaya, ujung2nya penyet, hehehe...

Okhay, kali ini saya mau share resep sop. Uda biasa kan ya? tapi sop saya ini sop keruh, gak kayak sop yang biasa saya beli d depot2 di Surabaya.. Tapi, saya buat sopnya dalam jumlah yang banyak. Kenapa ? karena biar besok2 saya tinggal manasin aja. cukup di simpan dalam tempat ( tepak ) kemudian simpan di kulkan. Jadi, mau makan, tinggal di panasin. hehehe,, praktis dan gak usah beli diluar, hemat juga,,,mudah aja kok bahan n caranya :


BAHAN :

- ayam --> beli di superindo sayapnya doank, uda dapet banyak murah lagi.
- wortel
- kentang
- buncis
- brokoli
- macaroni
- sosis
- seledri

bumbu :

- bawnag merah
- bawang putih
- merica
- jahe
- tomat


CARA BIKINNYA :

- ayam pertama aku rebus dlu sampe setengah mateng dengan air biar kaldunya keluar. nah kaldu yang kotor, biasanya keluar gt item2 di air, di buang jadi sop gak keruh2 amat.. ayamnya di angkat, biarin kaldunya dalam panci.
- bawang merah, bawang putih, merica, jahe dikit, dan tomat di haluskan.
- kemudian panaskan minyak, goreng bawang dulu, untuk taburan nanti.. uda gt di angkat, baru deh masukin bumbu yang uda halus tadi. tumis sampai harum. matikan api..
- masukkan bumbu yang uda di tumis kedalam air kaldu. kemudian masukkan sayur mayur kecuali seledri.
- kira2 sayur setengah empuk, masukkan ayam nya. Aduk terus.
- masukkan garam sesuai selera.
- kalo di anggap semua sudah empuk, matikan api. taburi seledri dan bawang yang uda di goreng tadi. jadi deh.

ini waktu masih di masak :)



Enak banget di santap dengan nasi hangat, tambah tempe goreng. terus sambel terasai,, aaaaaa.. ini benar2 nikmat sodara-sodara... :D 


Note : kalo aq bikinnya sekaligus banyak, terus di simpen. sebelum di masukkan ke kulkan, pastikan sop uda dingin jadi gak basi. jangan kupa tutup rapat :)

SELAMAT MENCOBA ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar